Roboguru

Pertanyaan

Bagaimana peran Indonesia dalam konflik internasional?

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Peran Indonesia dalam menyelesaikan konflik internasional salah satunya dapat dilihat dari keterlibatan Indonesia melalui ASEAN dalam mendamaikan konflik berdarah di Kamboja.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Indonesia selaku negara yang menjunjung tinggi perdamaian dan ketertiban dunia, terus menunjukkan kontribusinya dalam berbagai organisasi regional maupun internasional. Di antara berbagai organisasi tersebut, ASEAN inilah salah satu organisasi yang ikut diprakarsai bangsa Indonesia demi mewujudkan perdamaian kawasan maupun dunia. ASEAN merupakan organisasi tingkat regional yang mewadahi kerja sama antamegara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN menjadi organisasi yang sangat berpengaruh pada masa Perang Dingin. Pada masa Perang Dingin, sering terjadi konflik di Asia Tenggara yang merebutkan wilayah negara setelah lepas dari penjajahan. Di antaranya adalah konflik ketika Vietnam menginvasi Kamboja. Konflik ini terus berkembang menjadi perang antarnegara, lalu dimanfaatkan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet serta RRC untuk menyebarkan pengaruhnya di Asia Tenggara.

Keterlibatan negara-negara adidaya dalam konflik Kamboja ini direalisasikan dengan cara memberikan dukungan, baik politik maupun militer kepada kelompok yang saling bertikai di Kamboja. Perhatian indonesia melalui ASEAN pada konflik Kamboja mulai tampak pada tanggal 9 Januari 1979. Menteri Luar Negeri Indonesia Mochtar Kusumaatmadja selaku Ketua Komite Tetap ASEAN, mengeluarkan resolusi agar dilakukan penghentian konflik senjata antara Vietnam dan Tentara Khmer Merah di Kamboja. Resolusi ini juga diteruskan kepada Dewan Keamanan PBB supaya secepatnya mengambil langkah untuk mengakhiri konflik tersebut. Konflik Kamboja akhirnya berhasil diatasi dan dinyatakan selesai dengan terbentuknya pemerintahan Koalisi Kamboja. Pemerintahan Koalisi ini terbentuk lewat pemilu yang berlangsung secara jujur dan bersih tahun 1993 di bawah pengawasan PBB. Indonesia sangat berkontribusi dalam ASEAN untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di wilayah Asia Tenggara, meskipun masih dalam tahap sebagai mediator atau penengah konflik. Pencapaian ini merupakan cikal bakal terciptanya stabilitas perdamaian dan ketenangan di Asia Tenggara, sehingga bangsa-bangsa di kawasan ini dapat melaksanakan pembangunan unhtk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan

21

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Apa saja prestasi 3 tokoh Indonesia yaitu H.R Darsono, Umarjadi Nyotowinono dan Rusli Noor sebagai Sekretaris Jendral ASEAN?

15

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia