Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni bisa menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia?

Bagaimana peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni bisa menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia?space space 

Iklan

F. Kurniararasanty

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

adanya tempat tinggal yang berpindah-pindah membuatpeninggalan berupa benda dan karya seni dapat tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.

adanya tempat tinggal yang berpindah-pindah membuat peninggalan berupa benda dan karya seni dapat tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Penyebaran berupa benda dan karya seni dapat tersebar di wilayah Indonesia karena cara hidup manusia yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dapat kita lihat pada masa Paleolitikum. Masa ini manusia sudah dapat membuat alat kasar untuk berburu seperti kapak genggam yang di temukan di Pacitan, ternyata ditemukan juga di daerah Ponorogo, Sukabumi, dan Lahat (Sumatera Utara). Selain kapak genggam, ada jugapenemuan lukisan yang di gambar di dinding gua. Lukisan tersebut dapat ditemukan di seluruh daerah Indonesia terutama di wilayah Indonesia timur. Setiap lukisan memiliki kesamaan satu dengan lainnya. Maka dapat dikatakan manusia pada masa itu tidak hidup di satu tempat, namun terus berpindah dan selalu membuat peninggalan. Dengan demikian, adanya tempat tinggal yang berpindah-pindah membuatpeninggalan berupa benda dan karya seni dapat tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Penyebaran berupa benda dan karya seni dapat tersebar di wilayah Indonesia karena cara hidup manusia yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dapat kita lihat pada masa Paleolitikum. Masa ini manusia sudah dapat membuat alat kasar untuk berburu seperti kapak genggam yang di temukan di Pacitan,  ternyata ditemukan juga di daerah Ponorogo, Sukabumi, dan Lahat (Sumatera Utara).
Selain kapak genggam, ada juga penemuan lukisan yang di gambar di dinding gua. Lukisan tersebut dapat ditemukan di seluruh daerah Indonesia terutama di wilayah Indonesia timur. Setiap lukisan memiliki kesamaan satu dengan lainnya. Maka dapat dikatakan manusia pada masa itu tidak hidup di satu tempat, namun terus berpindah dan selalu membuat peninggalan.

Dengan demikian, adanya tempat tinggal yang berpindah-pindah membuat peninggalan berupa benda dan karya seni dapat tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

37

Dwi Septiani

Mudah dimengerti Makasih ❤️

naaa

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa perkembangan kebudayaan zaman batu tua berlangsung sangat lambat?

12

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia