Rima/persajakan adalah pengulangan bunyi di awal, tengah, atau akhir kata dan di awal, tengah, atau akhir larik.
Pengulangan vokal disebut alitrasi, sedangkan pengulangan konsonan disebut asonansi.
Penggunaan rima pada puisi tersebut adalah persajakan di akhir kata (aliterasi), persajakan di awal dan akhir kata (asonansi) dan juga ada yang di awal dan akhir larik.
Persajakan di akhir kata (asonansi):
Angin Dingin Berderik (Bait 1 baris kesatu), pengulangan konsonan n pada kata Angin, Dingin.
Sejak Tidak Beranjak (Bait 3 baris kesatu), pengulangan konsonan k pada kata Sejak Tidak Beranjak.
Sunyi Sepi Tak Beriak (Bait 3 baris ketiga), pengulangan konsonan k pada kata Tak dan Beriak.
Persajakan di awal kata (asonansi):
Kabut Putih Menghapus Mentari (Bait 1 baris kedua), pengulangan konsonan m pada kata Menghapus dan Mentari.
Berselimut Awan Beralas Zamrud (Bait 2 baris kedua), pengulangan konsonan b pada kata Berselimut dan Beralas.
Tinggi ... Tajam ... (Bait 2 baris ketiga), pengulangan konsonan t.
Sunyi Sepi Tak Beriak (Bait 3 baris ketiga), pengulangan konsonan s pada kata Sunyi dan Sepi.
Menikung Pohon Yang Melambai Warna (Bait 4 baris kedua), pengulangan konsonan m pada kata Menikung dan Melambai.
Di Celah Kaki-Kaki Menjejak Karya-Karyanya (Bait 5 baris kesatu), pengulangan konsonan k pada kata Kaki-Kaki dan Karya-Karyanya.
Di Saat Hidup Serasa Sempurna (Bait 6 baris kedua), pengulangan konsonan s pada kata Serasa dan Sempurna.
Persajakan di akhir kata (aliterasi):
Tegak Cahyanya Citra (Bait 7 baris ketiga), pengulangan vokal a pada kata Cahyanya dan Citra.
Terbarkan Pesona Di Atas Cakrawala (Bait 7 baris kesatu), pengulangan vokal a pada Pesona dan Cakrawala.
Sunyi Sepi Tak Beriak (bait 4 baris ketiga), pengulangan vokal i pada kata Sunyi dan Sepi.
Di Mana Jiwa Tak Mengingat Rumah (bait 6 baris kesatu), pengulangan vokal a pada kata Di Mana dan Jiwa.
Di Saat Hidup Serasa Sempurna (bait 6 baris kedua), pengulangan vokal a pada kata Serasa dan Sempurna.
Persajakan di awal larik:
/Di Celah Kaki-Kaki Menjejak Karya-Karyanya, Di Manakah Aku Berada?/, pengulangan konsonan d pada diksi Di Celah dan Di Manakah.
/Di Mana Jiwa Tak Mengingat Rumah, Di Saat Hidup Serasa Sempurna/, pengulangan konsonan d pada diksi Di Mana dan Di Saat.
/Terbarkan Pesona Di Atas Cakrawala, Tak Berujung Di Pandang Lamanya/, pengulangan konsonan t pada diksi Terbarkan dan Tak.
Persajakan di akhir larik:
/Sejak Waktu Tidak Beranjak, Di Sanalah Sanubari Berdetak, Sunyi Sepi Tak Beriak/, pengulangan konsonan k pada kata Beranjak, Berdetak, Beriak.
/Di Celah Kaki-Kaki Menjejak Karya-Karyanya, Di Manakah Aku Berada?/, pengulangan vokal a pada Karya-Karyanya dan Berada.
/Terbarkan Pesona Di Atas Cakrawala, Tak Berujung Di Pandang Lamanya/, pengulangan vokal a pada Cakrawala, Lamanya.
Dengan demikian jawaban tentang penggunaan rima pada puisi tersebut adalah cenderung menggunakan persajakan di akhir kata (aliterasi), persajakan di awal dan akhir kata (asonansi) dan juga ada yang di awal dan akhir larik.