Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana pengelompokan gymnospermae? Berilah contoh untuk masing-masing kelompok!

Bagaimana pengelompokan gymnospermae? Berilah contoh untuk masing-masing kelompok!space 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pengelompokan gymnospermaedibagi menjadi empat kelas, yaitu Cycadinae, Coniferae, Gnetinae, dan Ginkgoinae.

 pengelompokan gymnospermae dibagi menjadi empat kelas, yaitu Cycadinae, Coniferae, Gnetinae, dan Ginkgoinae.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Gymnospermae merupakan salah satu subdivisi dari divisi Spermatophyta (selain subdivisi Angiospermae). Subdivisi Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka, dimana bakal biji tidak dibungkus oleh daun buah tetapi menempel pada daun buah, serta memiliki organ reproduksi berupa strobilus. Subdivisi Gymnospermae dibagi menjadi empat kelas, yaitu Cycadinae, Coniferae, Gnetinae, dan Ginkgoinae. Cycadinae : Memiliki penampakan yang mirip dengan tumbuhan palem (disebut juga palem-paleman)sertamemiliki pembuluh, batang berkayudan biasa disebut daun bersisik. Contoh: Pakis haji ( Cycas rumphii ), Cycas revoluta , Dioon edule , dan Zamia floridana . Coniferae : Memiliki daun yang berbentuk seperti jarum sehingga sering disebut pohon jarum dan organ reproduksi yang memiliki bentukseperti sisik. Jenis ini selalu terlihat hijau, sehingga disebut sebagai tumbuhan evergreen . Contoh: Pinus ( Pinus merkusii ), Damar ( Agathis dammara ), Cemara ( Araucaria sp ), Ki putri ( Podocarpus neriifolius ), dan Taxus baccata (ordo Taxales). Gnetinae : Memiliki habitus (bentuk) berupa perdu atau pohon serta memiliki strobilus jantan yang tersusun secara majemuk dandaunnya berhadapan. Contoh: Melinjo ( Gnetum gnemon ), Ephedra sinica (ordo Ephedrales) dan Welwitschia mirabilis (ordo Welwitschiales). Ephedra merupakan Gymnospermae yang melakukan pembuahan ganda seperti pada Angiospermae sehingga dikatakan memiliki hubungan kekerabatan paling dekat dengan Angiospermae. Ginkgoinae : Merupakan tumbuhan berupa pohon besar. Daunnya bertangkai panjang serta lebar menyerupai kipas, dengan belahan yang berlekuk pada bagian dalam.Contoh: Ginkgo ( Ginkgo biloba ) yang merupakan satu-satunya spesies yang tersisa, sedangkan spesies Ginkgo adiantoides dan Ginkgo gardneri sudah punah dan menjadi fosil. Dengan demikian,pengelompokan gymnospermaedibagi menjadi empat kelas, yaitu Cycadinae, Coniferae, Gnetinae, dan Ginkgoinae.

Gymnospermae merupakan salah satu subdivisi dari divisi Spermatophyta (selain subdivisi Angiospermae). Subdivisi Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka, dimana bakal biji tidak dibungkus oleh daun buah tetapi menempel pada daun buah, serta memiliki organ reproduksi berupa strobilus. Subdivisi Gymnospermae dibagi menjadi empat kelas, yaitu Cycadinae, Coniferae, Gnetinae, dan Ginkgoinae.

  1. Cycadinae: Memiliki penampakan yang mirip dengan tumbuhan palem (disebut juga palem-paleman) serta memiliki pembuluh, batang berkayu dan biasa disebut daun bersisik. Contoh: Pakis haji (Cycas rumphii), Cycas revoluta, Dioon edule, dan Zamia floridana.
  2. Coniferae: Memiliki daun yang berbentuk seperti jarum sehingga sering disebut pohon jarum dan organ reproduksi yang memiliki bentuk seperti sisik. Jenis ini selalu terlihat hijau, sehingga disebut sebagai tumbuhan evergreen. Contoh: Pinus (Pinus merkusii), Damar (Agathis dammara), Cemara (Araucaria sp), Ki putri (Podocarpus neriifolius), dan Taxus baccata (ordo Taxales).
  3. Gnetinae: Memiliki habitus (bentuk) berupa perdu atau pohon serta memiliki strobilus jantan yang tersusun secara majemuk dan daunnya berhadapan. Contoh: Melinjo (Gnetum gnemon), Ephedra sinica (ordo Ephedrales) dan Welwitschia mirabilis (ordo Welwitschiales). Ephedra merupakan Gymnospermae yang melakukan pembuahan ganda seperti pada Angiospermae sehingga dikatakan memiliki hubungan kekerabatan paling dekat dengan Angiospermae.
  4. Ginkgoinae: Merupakan tumbuhan berupa pohon besar. Daunnya bertangkai panjang serta lebar menyerupai kipas, dengan belahan yang berlekuk pada bagian dalam. Contoh: Ginkgo (Ginkgo biloba) yang merupakan satu-satunya spesies yang tersisa, sedangkan spesies Ginkgo adiantoides spacedan Ginkgo gardneri sudah punah dan menjadi fosil.

Dengan demikian, pengelompokan gymnospermae dibagi menjadi empat kelas, yaitu Cycadinae, Coniferae, Gnetinae, dan Ginkgoinae.space 

Latihan Bab

Apa itu Plantae?

Lumut (Bryophyta)

Paku (Pteridophyta)

Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel karakteristik Gymnospermae berikut! Pasangan yang tepat antara kelompok Gymnospermae dan ciri khusus yang dimilikinya adalah ….

30

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia