Bagaimana pendapatmu mengenai ketahanan pangan Indonesia? Jelaskan berdasarkan pengetahuan serta kreativitasmu!

Pertanyaan

Bagaimana pendapatmu mengenai ketahanan pangan Indonesia? Jelaskan berdasarkan pengetahuan serta kreativitasmu!space 

R. Mulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ketahanan pangan Indonesia diartikan sebagai kedapatan suatu bangsa untuk menjamin seluruh  penduduknya memperoleh pangan yang cukup, mutu yang layak, aman, dan didasarkan pada pengoptimalan pemanfaatan dan berbasis pada keragaman sumber daya lokal. Capaian peningkatan ketersediaan pangan adalah ketahanan pangan dalam ruang lingkup nasional. Tujuan ketahanan pangan yang paling utama adalah komoditas pertanian seperti beras, jagung, sagu, ubi kayu, kentang, dan lain-lain. Jika Indonesia sudah mencapai ketahanan pangan mandiri adalah dengan tercukupinya kebutuhan pangan masyarakat sehari-hari. Indonesia juga memiliki kebijakan untuk meningkatkan ketahanan pangan yaitu dengan melakukan usaha peningkatan ketahan pangan sebagai berikut.

  1. Untuk meningkatkan ketersediaan pangan dan menjamin keberadaannya, maka dilakukan pengoptimalan capaian dan penyediaan Cadangan pangan yang berasal dari dalam negeri. Guna meningkatkan ketersediaan pangan perlu adanya menjaga ketersediaan komponen-komponen yang bersangkutan lainnya, seperti pupuk, benih, obat-obatan, dan lain-lain. 
  2. Meningkatkan akses atau keterjangkauan pangan dalam arti masyarakat mudah memperoleh dan tersedia dengan harga terjangkau. Strategi yang ditempuh adalah melalui pengaturan distribusi dan pemasaran serta pengendalian harga produk pangan strategis seperti beras, jagung, kedelai, gula, dan daging sapi. 
  3. Menjamin konsumsi dan keamanan pangan setiap warga negara agar memenuhi standar kecukupan gizi dan keamanan pangan untuk hidup sehat. Strategi yang ditempuh adalah dengan mendorong penganekaragaman konsumsi dan peningkatan gizi pangan terutama sumber protein hewani, seperti susu, telur, daging, dan ikan. Penganekaragaman konsumsi juga ditujukan kepada pangan pokok sumber karbohidrat untuk tujuan menurunkan angka ketergantungan terhadap beras sebesar 1,5% setiap tahunnya. Untuk itu, pemerintah mendorong peningkatan produksi dan pemanfaatan sumber daya pangan lokal nonberas, seperti singkong, ubi jalar sagu, jagung, dan lainnya.
  4. Mempertahankan dan meningkatkan kualitas pangan adalah tugas seluruh elemen masyarakat hingga pemerintah. Tujuan peningkatan kualitas pangan adalah agar semua masyarakat dari berbagai kalangan dapat mengonsumsi pangan secara layak. Strategi yang ditempuh adalah dengan meningkatkan benih unggul untuk mendapatkan  kualitas bahan pang an yang baik.space

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Salah satu tujuan program ketahanan pangan adalah mengembangkan ....

78

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia