Pertanyaan

Bagaimana menemukan ide pokok dan pendukung dalam teks cerita inspirasi?

Bagaimana menemukan ide pokok dan pendukung dalam teks cerita inspirasi? 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Sedagkan ide pendukung adalah sebuah gagasan yang mana bersifat tambahan untuk memperkuat opini sebelumnya yang diungkapkanpada pernyataan yang menurut kita benar. Berikut cara menemukan ide pokok dan pendukung dalam paragraf. Baca keseluruhan teks dengan Cermat , untuk menemukan gagasan pokok dan pendukung, Anda harus membaca keseluruhan teks dengan cermat dan seksama. Pastikan anda membaca dengan teliti dari awal hingga akhir. Bila perlu, Anda dapat membacanya berulang. Temukan Garis Besar, selain membaca, Anda juga dapat mencari garis besar dari paragraf. Pastikan Anda mencari dengan cermat untuk menemukan kedua gagasan tersebut. Ingatlah bahwa ide pokok bersifat umum, sedangkan gagasan pendukung sifatnya khusus. Mengambil Kesimpulan, gagasan pokok dan pendukung juga bisa ditemukan dengan menarik kesimpulan. Untuk menerapkan cara ini, Anda harus membaca seluruh paragraf dengan teliti. Jika sudah, Anda dapat mengambil kesimpulan. Nantinya, gagasan akan lebih mudah ditemukan.

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Sedagkan ide pendukung adalah sebuah gagasan yang mana bersifat tambahan untuk memperkuat opini sebelumnya yang diungkapkan pada pernyataan yang menurut kita benar.

Berikut cara menemukan ide pokok dan pendukung dalam paragraf.

  1. Baca keseluruhan teks dengan Cermat , untuk menemukan gagasan pokok dan pendukung, Anda harus membaca keseluruhan teks dengan cermat dan seksama. Pastikan anda membaca dengan teliti dari awal hingga akhir. Bila perlu, Anda dapat membacanya berulang. 
  2. Temukan Garis Besar, selain membaca, Anda juga dapat mencari garis besar dari paragraf. Pastikan Anda mencari dengan cermat untuk menemukan kedua gagasan tersebut. Ingatlah bahwa ide pokok bersifat umum, sedangkan gagasan pendukung sifatnya khusus. 
  3. Mengambil Kesimpulan, gagasan pokok dan pendukung juga bisa ditemukan dengan menarik kesimpulan. Untuk menerapkan cara ini, Anda harus membaca seluruh paragraf dengan teliti. Jika sudah, Anda dapat mengambil kesimpulan. Nantinya, gagasan akan lebih mudah ditemukan.undefined 

1rb+

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Viktoria lahir pada 1987 di Latvia dan mendapatkan kecelakaan setelah lahir. Kalimat di atas merupakan kalimat ….

34

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia