Roboguru

Bagaimana melapisi besi dengan krom?

Pertanyaan

Bagaimana melapisi besi dengan krom?

Pembahasan Soal:

Prinsip elektrolisis banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah proses penyepuhan logam (electroplating). Penyepuhan logam (pelapisan logam / electroplating) bertujuan untuk melindungi logam agar tidak berkarat dengan cara melapisi logam dengan logam lain.

Contoh proses penyepuhan yang sering dijumpai adalah proses penyepuhan logam besi dengan logam krom (Cr). Krom memberi lapisan pelindung, sehingga besi yang dilapisi krom akan menjadi mengkilap. Chromium plating dilakukan dengan proses elektrolisis. Krom dapat memberikan perlindungan meskipun lapisan krom tersebut ada yang rusak. Cara ini umumnya dilakukan pada kendaraan bermotor, misalnya bumper mobil.

Logam yang akan disepuh, yaitu besi digunakan sebagai katode dan logam krom sebagai penyepuh  digunakan sebagai anode. Kedua elektrode tersebut dimasukkan ke dalam larutan elektrolit (larutan garam) yang dihubungkan dengan sumber arus searah. Dalam proses elektrolisis ini, digunakan larutan garam yang mengandung ion Cr3+. Reaksi elektrolisis yang terjadi adalah sebagai berikut.


AnodaKatoda==Cr(s)Cr3+(aq)+3eCr3+(aq)+3eCr(s) 


Logam krom pada anode akan mengalami reaksi oksidasi menjadi ion Cr3+ yang bergerak ke arah katode untuk menggantikan ion Cr3+ dalam larutan elektrolit yang telah tereduksi. Ion Cr3+ tersebut akan direduksi menjadi logam krom untuk melapisi logam besi.

Dengan demikian, maka cara melapisi besi dengan logam krom adalah melalui proses electroplating dengan logam krom sebagai anoda dan besi sebagai katoda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Kusbardini

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pelapisan dengan timah merupakan salah satu proses pencegahan korosi yang paling tepat digunakan untuk ....

Pembahasan Soal:

Korosi merupakan peristiwa kerusakan logam akibat reaksi redoks yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Pemicu utama dari terjadinya korosi adalah air dan oksigen (dalam udara). Ada beberapa macam metode pencegahan korosi, seperti pengecatan, pelumuran dengan oli, pembalutan dengan plastik, pelapisan dengan timah, dan pelapisan dengan krom. Pemilihan metode yang tepat didasarkan pada aplikasi dari logam tersebut.

Metode pelapisan dengan timah termasuk metode elektroplating, yaitu logam yang ingin dilindungi dari korosi dilapisi oleh logam lain melalui metode elektrolisis. Logam timah sering digunakan untuk melindungi besi dari korosi karena memiliki potensial sel yang lebih rendah dari besi sehingga ketika dielektrolisis, akan mengendap dan melapisi besi. Metode ini sering digunakan untuk melapisi bagian dalam kaleng kemasan makanan. Hal ini karena timah relatif aman untuk kesehatan manusia, bersifat mengilat dan tahan karat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Hubungan yang tepat antara benda yang dapat mengalami korosi dan cara pencegahannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Korosi menimbulkan banyak kerugian karena merusak berbagai barang atau bangunan yang menggunakan besi atau baja. Faktor umum penyebab korosi adalah interaksi logam dengan oksigen dan air (bisa dipercepat oleh faktor lain misalnya asam). Beberapa cara untuk pencegahan korosi bertujuan untuk mengurangi interaksi logam dengan faktor tersebut. Pipa minyak bawah tanah biasanya dilapisi dengan zink sebagai pencegahan korosi yang disebut juga dengan perlindungan katodik atau galvanisasi. Setang sepeda juga biasanya menggunakan teknik ini. Pelapisan dengan timah biasanya dilakukan pada kaleng kemasan. Sedangkan pagar besi biasanya dicat untuk mencegah korosi. Pencegahan korosi pada mesin mobil  adalah dengan diolesi oli.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Apabila kalian melapisi cincin besi dengan logam perak, tentukan: a. Rancangan sel elektrolisis dengan katode, anode, larutan elektrolit yang digunakan, dan aliran elektron! b. Jelaskan proses elekt...

Pembahasan Soal:

Pelapisan logam dengan logam lain disebut penyepuhan. Penyepuhan (elektroplating) bertujuan untuk melindungi logam terhadap korosi atau untuk memperbaiki penampilan.  

a. Rancangan sel elektrolisis

Pada penyepuhan, logam yang akan disepuh dijadikan katode, sedangkan logam penyepuhnya sebagai anode. Kedua elektrode tersebut dicelupkan dalam larutan garam dari logam penyepuh. Cincin digunakan sebagai katode, sedangkan anode adalah perak murni. Larutan elektrolitnya adalah larutan perak nitrat.

b. Proses elektrolisis

Pada katode terjadi pengendapan perak, sedangkan pada anode, perak terus-menerus Iarut. Reaksinya adalah sebagai berikut:

Katode colon space Ag to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus e to the power of minus sign yields Ag open parentheses italic s close parentheses Anode space colon space Ag open parentheses italic s close parentheses yields Ag to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus e to the power of minus sign 

Ketika arus memasuki sel elektrolisis melalui kutub negatif (katode), ion Ag+ menangkap elektron dan mengalami reaksi reduksi membentuk lapisan Ag pada besi. Sementara itu, Ag pada anode melepas elektron dan mengalami oksidasi. Sehingga elektron mengalir dari anode (kutub positif) menuju katde (kutub negatif). Proses elektrolisis berlangsung terus menerus sampai cincin selesai terlapisi perak.

Jadi, rangkaian sel elektrolisisnya: pada katoda cincin besi dan anoda logam perak murni, larutan yang digunakan adalah perak nitrat; prosesnya pada katoda terjadi pengendapan perak pada cincin besi dan pada anoda perak terus menerus larut.

Roboguru

Metode apa saja yang sesuai untuk pencegahan korosi pada penggunaan benda berikut? a. Kaleng makanan b. Kapal

Pembahasan Soal:

Proses korosi (perkaratan) pada besi dapat dicegah dengan beberapa cara. Metode yang sesuai seperti di bawah ini:

  1. Elektroplating
    Elektroplating adalah pelapisan logam dengan logam lain menggunakan metode elektrolisis. Sebagai contoh, pelapisan dengan logam nikel (veernikel), krom (contohnya: kran air), timah (misalnya kaleng makanan), dan timbal (contohnya pipa air minum).
  2. Pengecatan;
    Lapisan cat dapat mencegah kontak langsung besi dengan oksigen dan air, contoh yang menggunakan teknik ini adalah pada kapal, mobil, dll

Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pencegahan korosi pada kaleng makanan dapat dilakukan dengan elektroplating dan pada kapal dapat dilakukan pengecatan

Roboguru

Pada proses pelapisan logam besi dengan logam perak terjadi pelepasan elektron dari logam  pada anoda menjadi ion . Ion  tersebut akan menuju katoda dan mengikat elektron membentuk endapan logam  yang...

Pembahasan Soal:

Electroplatting atau dikenal dengan penyepuhan adalah pelapisan logam dengan logam lain dengan tujuan komersial maupun fungsional yaitu sebagai salah satu cara melindungi logam yang dilapisi dari korosi. Logam yang akan disepuh atau dilapisi harus diletakkan di katoda sedangkan pelapisnya berperan sebagai anodanya. Larutan elektrolit yang digunakan biasanya garam yang mengandung ion positif yang sama dengan anodanya. Misalnya penyepuhan logam besi dengan logam perak.

Logam yang ingin dilapisi adalah logam besi begin mathsize 14px style open parentheses Fe close parentheses end style sehingga logam besi harus bertindak sebagai katoda atau dihubungkan dengan kutub negatif listrik. Adapun logam pelapis yaitu perak begin mathsize 14px style open parentheses Ag close parentheses end style diletakkan pada posisi anoda atau dihubungkan dengan kutub positif listrik. Elektrolit yang digunakan harus mengandung kation logam pelapis yaitu begin mathsize 14px style Ag to the power of plus sign end style, salah satu elektrolit yang biasa digunakan adalah larutan perak nitrat begin mathsize 14px style open parentheses Ag N O subscript 3 close parentheses end style.

Berdasarkan pernyataan tersebut, persamaan setengah reaksi yang terjadi di katoda dan anoda adalah :

Jadi, persamaan setengah reaksi yang terjadi pada katoda dan anoda seperti pada reaksi di atas. 

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved