Pertanyaan

Eceng Gondok Makin Cemarkan Danau Toba
 

Perkembangan tumbuhan eceng gondok dinilai telah menimbulkan masalah bagi kebersihan Danau Toba, Sumatra Utara karena gulma tersebut menyebar dengan cepat hingga tepi pantai dan berpotensi mencemari danau terluas di Asia Tenggara itu. "Saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi cemar sedang sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), M. Dani saat berkunjung di Balige, Kabupaten Tobasa, Sabtu.

Eceng gondok, kata dia, memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu (gulma) yang dapat merusak lingkungan perairan. Gulma ini tumbuh cepat, terutama disebabkan oleh air yang mengandung nutrien yang tinggi serta kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium. Penyebab terjadinya pencemaran pada danau yang terletak di bagian tengah Provinsi Sumatra Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/436747 /eceng-gondok-makin-cemarkandanau-toba diakses 18 Februari 2016space 

Bagaimana mekanisme eceng gondok hingga menjadi tumbuh tak terkendali di Danau Toba?

Bagaimana mekanisme eceng gondok hingga menjadi tumbuh tak terkendali di Danau Toba?space 

Y. Laksmi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pertumbuhan eceng gondok yang pesat di Danau Tobadisebabkan oleh pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya ke danau yang mengakibatkan meningkatnya kandungan nutrien serta kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium (proses eutrofikasi) . Hal ini menyebabkan berkembang pesatnya tanaman gulma misalnya tanaman enceng gondok karena ketersediaan nutrisi yang melimpah di air.

Pertumbuhan eceng gondok yang pesat di Danau Toba disebabkan oleh pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya ke danau yang mengakibatkan meningkatnya kandungan nutrien serta kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium (proses eutrofikasi). Hal ini menyebabkan berkembang pesatnya tanaman gulma misalnya tanaman enceng gondok karena ketersediaan nutrisi yang melimpah di air.space 

418

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa penggunaan pupuk, terutama pupuk sintetis, dalam pertanian berpotensi mencemari lingkungan perairan?

898

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia