Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana langkah-langkah atau urutan sintesis protein dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik?

Bagaimana langkah-langkah atau urutan sintesis protein dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik?space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Sintesis protein atau penyusunan protein membutuhkan bahan dasar asam amino, dan berlangsung di dalam inti sel dan ribosom. Secara garis besar, sintesis protein berlangsung melalui dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Transkripsi adalah pembentukan mRNA ( messenger RNA/RNA duta) dari salah satu pita DNA dengan bantuan enzim RNA polimerase. mRNA membawa pesan DNA untuk memilih polipeptida yang sesuai dalam sintesis protein. Sementara itu, translasi adalah pembacaan kode yang ada pada mRNA dengan bantuan RNA lain, yakni RNA transfer (tRNA). Adapun urutan sintesis protein dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik adalah seperti berikut ini: DNA membentuk mRNA untuk membawa kode sesuai urutan basa N-nya. mRNA meninggalkan inti, pergi ke ribosom dalam sitoplasma. tRNA datang membawa asam amino yang sesuai dengan kode yang dibawa oleh mRNA. tRNA ini bergabung dengan mRNA sesuai dengan kode pasangan basa N-nya yang seharusnya. Asam-asam amino akan berjajar-jajar dalam urutan yang sesuai dengan kode sehingga terbentuklah protein yang diharapkan. Protein yang terbentuk merupakan enzim yang mengatur metabolisme sel dan reproduksi.

Sintesis protein atau penyusunan protein membutuhkan bahan dasar asam amino, dan berlangsung di dalam inti sel dan ribosom. Secara garis besar, sintesis protein berlangsung melalui dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Transkripsi adalah pembentukan mRNA (messenger RNA/RNA duta) dari salah satu pita DNA dengan bantuan enzim RNA polimerase. mRNA membawa pesan DNA untuk memilih polipeptida yang sesuai dalam sintesis protein. Sementara itu, translasi adalah pembacaan kode yang ada pada mRNA dengan bantuan RNA lain, yakni RNA transfer (tRNA). Adapun urutan sintesis protein dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik adalah seperti berikut ini:

  1. DNA membentuk mRNA untuk membawa kode sesuai urutan basa N-nya.
  2. mRNA meninggalkan inti, pergi ke ribosom dalam sitoplasma.
  3. tRNA datang membawa asam amino yang sesuai dengan kode yang dibawa oleh mRNA. tRNA ini bergabung dengan mRNA sesuai dengan kode pasangan basa N-nya yang seharusnya.
  4. Asam-asam amino akan berjajar-jajar dalam urutan yang sesuai dengan kode sehingga terbentuklah protein yang diharapkan.
  5. Protein yang terbentuk merupakan enzim yang mengatur metabolisme sel dan reproduksi.space space 

Latihan Bab

DNA dan RNA

Gen dan Kromosom

Replikasi DNA

Sintesis Protein

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jawablah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S)! No Pernyataan B/S 1 Sintesis protein dilakukan dalam dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. ⋯

227

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia