Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana kebijakan yang dilakukan Soeharto untuk menumpas gerakan separatis yang mengancam kedaulatan Republik Indonesia di daerah Timor Timur, Aceh, dan Papua?

Bagaimana kebijakan yang dilakukan Soeharto untuk menumpas gerakan separatis yang mengancam kedaulatan Republik Indonesia di daerah Timor Timur, Aceh, dan Papua?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Aceh Pada masa Soeharto, Gerakan Aceh Merdeka dipandang sebagai gerakan pengacau liar, sehingga harus dibasmi, karena itu tidak ada referensi pada masa pemerintah Soeharto untuk melakukan upaya integrasi politik bagi kelompok ini yang kemudian menempuh pendekatan militer.Pendekatan militer ini belakangan hari kemudian terkenal dengan istilah Daerah Operasi Militer (DOM) dengan nama operasi militernya adalah Operasi Jaring Merah (OJM). Papua Rezim Soeharto melabeli mereka sebagai pengacau yang dikaitkan dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Setahun kemudian Irian Jaya ditetapkan sebagai Daerah Operasi Militer (DOM). Status itu bertahan hingga Soeharto lengser. Timor Timur Pada era Soeharto, Timor Timur atau Timor Leste jatuh ke tangan Indonesiasetelah tentara Indonesia melancarkan invasinya. Invansi Indonesia ke Timor Leste itu dikenal sebagai operasi Seroja, dimulai tanggal 7 Desember 1975

Aceh
Pada masa Soeharto, Gerakan Aceh Merdeka dipandang sebagai gerakan pengacau liar, sehingga harus dibasmi, karena itu tidak ada referensi pada masa pemerintah Soeharto untuk melakukan upaya integrasi politik bagi kelompok ini yang kemudian menempuh pendekatan militer. Pendekatan militer ini belakangan hari kemudian terkenal dengan istilah Daerah Operasi Militer (DOM) dengan nama operasi militernya adalah Operasi Jaring Merah (OJM). 

Papua
Rezim Soeharto melabeli mereka sebagai pengacau yang dikaitkan dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Setahun kemudian Irian Jaya ditetapkan sebagai Daerah Operasi Militer (DOM). Status itu bertahan hingga Soeharto lengser.

Timor Timur
Pada era Soeharto, Timor Timur atau Timor Leste jatuh ke tangan Indonesia setelah tentara Indonesia melancarkan invasinya. Invansi Indonesia ke Timor Leste itu dikenal sebagai operasi Seroja, dimulai tanggal 7 Desember 1975

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masa Orde Baru kebijakan Presiden Suharto mendominasi jaiannya roda pemerintahan. Kondisi demikian menyebabkan ...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia