Roboguru

Bagaimana jika dalam neraca saldo tidak terjadi ke...

Bagaimana jika dalam neraca saldo tidak terjadi keseimbangan antara jumlah debit dan jumlah kredit? undefined 

  1. .... undefined 

  2. .... undefined 

Jawaban:

Neraca saldo tidak seimbang tersebut mengharuskan seorang akuntan harus pengecekan lebih detail lagi hingga menemukan kesalahannya. Untuk membuat neraca saldo yang benar tentunya membutuhkan penjelasan lengkap serta contoh praktis dalam neraca saldo tersebut. Langkah-langkah memperbaiki apabila neraca saldo tidak seimbang, seperti :

  1. Jika terdapat kesalahan dalam jumlah satuan, maka harus menghitung lagi sisi debit dan kredit dari neraca saldo dan menjumlahkan kembali saldo dari perkiraan.
  2. Sebelum menuliskan ke dalam kolom debit kredit, Anda disarankan untuk mengetahui pengertian dan perbedaan debit dan kredit agar terhindari dari kesalahan. 
  3. Jika selisih tersebut dapat dibagi sembilan, lakukan pemeriksaan pada saldo perkiraan pada neraca saldo apakah ada saldo yang salah tulis dari saldo buku besar, kesalahan yang umum terjadi  dalam penulisan jumlah.
  4. Apabila selisih tidak dapat dibagi dua atau sembilan sama sekali, Anda bisa periksa saldo pada neraca saldo dengan semua saldo pada buku besar. undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved