Roboguru

Bagaimana identitas nasional bisa menyatukan perbedaan identitas kultural masyarakat ?

Pertanyaan

Bagaimana identitas nasional bisa menyatukan perbedaan identitas kultural masyarakat ?undefined 

  1. ....

  2. ....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Identitas nasional merupakan suatu penanda atau jati diri suatu bangsa yang dapat membedakan ciri khasnya dengan bangsa lain. Identitas Bangsa Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang multikultural dengan keberagaman budaya yang dimilikinya. Keberagaman tersebut terlihat dari perbedaan bahasa, etnis dan keyakinan agama. Situasi seperti ini memang berpotensial bagi terjadinya konflik, karena masyarakat terbagai ke dalam kelompok-kelompok bersadarkan identitas kultural mereka. Masyarakat yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok itu kemudian melakukan identifikasi kultural. Identitas kultural ini nantinya akan melahirkan dua kelompok dalam masyarakat, yaitu ingroup dan outgroup. Meskipun terdiri dari beragam kebudayaan, tetapi tidak menghambat rasa persatuan dan kesatuan. Dengan adanya rasa cinta tanah air, dalam satu wadah yang sama dinaungi oleh identitas nasional yang sama pula, sehingga terciptalah toleransi atas identitas kultural yang beragam di setiap daerahnya. Kemudian,dengan adanya semboyan Bhinneka Tunggal Ika telah menyatukan keberagaman yang ada, sehingga terciptalah integrasi nasional.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Integrasi sosial ditandai dengan terpenuhinya segala bidang kehidupan masyarakat baik secara material maupun spiritual, sehingga masyarakat perlu saling menjaga keterkaitan antara satu dan lainya. Des...

Pembahasan Soal:

Syarat terjadinya integrasi:

  1. Untuk meningkatkan integrasi sosial setiap individu harus dapat mengendalikan perbedaan atau konflik yang terdapat pada suatu kekuatan bangsa dan bukan sebaliknya.
  2. Tiap warga masyarakat harus dapat saling mengisi kebutuhan antara satu dengan yang lainnya.
  3. Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial untuk menjadi pedoman hidup bermasyarakat.

Berdasarkan ilustrasi pada soal, syarat yang dimaksud adalah mengenai pemenuhan kebutuhan baik material maupun spiritual. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Dari pernyataan di atas, merupakan contoh faktor dari ...

Pembahasan Soal:

Integrasi sosial adalah adanya penyesuaian atau kesatuan di antara unsur kebudayaaan yang berbeda dalam kehidupan masyarakat. Faktor pendorong dari integrasi sosial adalah;

  1. Toleransi terhadap kelompok lain yang berbeda kebudayaan
  2. kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi antarberbagai kelompok
  3. sikap saling menghargai orang lain dengan kebudayaan yang berbeda
  4. sikap terbuka dari golongan yang berkuasa

dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Dari ilustrasi tersebut, masyarakat Indonesia dapat mewujudkan harmoni sosial dengan cara ...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal tentang cara untuk mencapai integrasi masyarakat. 

Konsep pada soal terkait dengan mewujudkan harmoni sosial atau integrasi dalam keragaman masyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman dan perbedaan-perbedaan, sehingga mudah sekali terjadi adanya konflik, dan dengan hal itu untuk mewujudkan integrasi sosial masyarakat membutuhkan banyak sekali usaha dan tantangan-tantangan dalam kehidupan masyaralat Indonesia. Dimana pada Harmoni sosial atau integrasi dapat diartikan sebagai  kondisi kehidupan individu yang hidup sejalan dan serasi dengan anggota masyarakat yang menjalani kodratnya masing-masing. Harmoni sosial ditandai dengan adanya solidaritas dalam masyarakat yang beragam tersebut. Artinya keadaan ini masyarakat sudah berhasil menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada untuk dapat mewujudkan kerukunan dan persatuan masyarakat. Bukan hanya dalam kondisi yang bersatu tetapi juga menjalankan dari fungsi-fungsi nilai dan norma dengan baik. Untuk dapat menciptakan persatuan dan harmoni masyarakat memerlukan beberapa syarakat terjadinya harmoni sosial yaitu : 

  1. Adanya kesadaran mengenai perbedaan sikap, watak, dan sifat.
  2. Menghargai berbagai macam karakteristik masyarakat.
  3. Bersikap ramah dengan orang lain.
  4. Selalu berfikir positif.

Dengan hal demikian jika terkait dengan soal konflik yang ada berkaitan dengan minoritas dan mayoritas penduduk didmana masyarakat merasa terasingakan di  negaranya sendiri, hal itu membuat masyarakat akan merasa tidak aman dan juga akan mudah memunculkan konflik-konflik sosial. Sehingga untuk mewujudkan harmoni sosial masyarakat di wiliayah Timur Indonesia seperti pada ilustrasi, maka hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 

1. Adanya pemenuhan kebutuhan pada masyarakat, baik masyarakat lokal atau pun pendatang
2. Tercapainya kesepakatan bersama di dalam masyarakat, antara elemen-elemen masyarakat.

0

Roboguru

Dalam suatu kelompok, anggotanya kompak dan saling memperhatikan perasaan satu sama lain. Hal ini menurut Durkheim disebabkan....

Pembahasan Soal:

Emile Durkheim membagi integrasi sosial sebagai berikut :

1. Integrasi tinggi, yaitu integrasi yang terjadi ketika anggota-anggota kelompok lebih kompak dan memiliki hubungan yang erat atau memperlihatkan perasaan sebagai anggota kelompok satu sama lain.

2. Integrasi rendah, yaitu integrasi yang terjadi ketika anggota-anggota kelompok cenderung individualistis yang mengurangi perasaan kelompok.

Durkheim melakukan pengamatan terhadap kelompok agama Katolik, Yahudi, dan Protestan. Ia menemukan beberapa perbedaan yang menyolok. Angka bunuh diri yang tertinggi ditemukan pada kelompok agama Protestan, pada Katolik tidak terlalu tinggi, dan pada Yahudi sangat rendah. Dari penelitian sosiologis, Durkheim memperoleh jawaban bahwa integrasi sosial merupakan sebab dari tinggi rendahnya angka bunuh diri tersebut. Semakin tinggi integrasi sosial, semakin rendah angka bunuh diri atau semakin rendah integrasi sosial, semakin tinggi angka bunuh diri.

Di Eropa (saat penelitian dilakukan), integrasi di kalangan Yahudi sangat tinggi karena golongan minoritas. Sebaliknya, masyarakat Protestan memiliki individualisme yang tinggi sehingga mengurangi perasaan kelompok. Jika terjadi permasalahan, semuanya menjadi tanggungjawab pribadi. Karena itu, salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah, dengan jalan bunuh diri.

 

0

Roboguru

Suatu keadaan yang memberi kemungkinan untuk bergaul dengan baik disebut...

Pembahasan Soal:

Biasanya dalam masyarakat modern, orang yang berinteraksi mengembangkan siasat-siasat dengan maksud untuk mengenalkan kepada pihak lain terkait pemikirannya. Pada umumnya, hasilnya menjadi apa yang disebut dengan negotiated order artinya suatu keadaan yang memberi kemungkinan untuk bergaul dengan baik dan bekerja (workable relation) di mana semua pihak mencapai kompromi. Karena itu, untuk mendorong terjadinya integrasi tidak hanya diperlukan konsensus, tetapi juga diperlukan kesediaan semua pihak untuk menerima yang lain seadanya dan bersama-sama menciptakan workable relation untuk menegakkan hidup bermasyarakat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved