Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Museum Affandi


Sumber: yogyakarta.panduanwisata. id
Gambar 1.1 Pengunjung Museum Affandi

    Museum Affandi merupakan salah satu museum seni di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Laksda Adisucipto nomor 167, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Letaknya tidak jauh dari rumah.

    Museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Selain berbagai macam lukisan, di museum besar ini juga terdapat karya-karya lainnya dari beberapa seniman teman almarhum Affandi. 

    Sang maestro sendiri telah melahirkan 2.000 lukisan sepanjang hidupnya. Sejak 1950 karyanya sudah sering dipamerkan secara tunggal di berbagai negara Asia, Eropa, dan Amerika. Museum ini buka Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Tiket masuk sebesar Rp 20.000 sudah mendapat soft drink atau es krim cone. Bagiku uang sebesar itu sangat sebanding dengan manfaat yang telah aku peroleh.space 

Bagaimana deskripsi museum tersebut?

Bagaimana deskripsi museum tersebut?space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

deskripsi museum tersebut adalah museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Selain berbagai macam lukisan, di museum besar ini juga terdapat karya-karya lainnya dari beberapa seniman teman almarhum Affandi.

deskripsi museum tersebut adalah museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Selain berbagai macam lukisan, di museum besar ini juga terdapat karya-karya lainnya dari beberapa seniman teman almarhum Affandi.space 

Iklan

Pembahasan

Teks deskripsi merupakan teks yang menceritakan atau menggambarkan tentang suatu peristiwa, objek atau tempat, yang ditulis sacara detail. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks deskripsi yaitu teks yang memaparkan sesuatu dengan kata-kata yang jelas dan terperinci. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang memiliki tujuan memberikan kesan atau impresi kepada para pembaca terhadap objek, peristiwa, gagasan, tempat yang ingin disampaikan penulis secara otentik. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan isi teks deskripsi adalah: Baca teks deskripsi secara keseluruhan. Temukan info-info penting yang terdapat dalam teks. Tandai info-info penting agar mudah diingat. Cari pokok pikiran tiap paragraf. Temukan informasi berupa isi dari teks deskripsi. Berdasarkan kutipan: Museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Kutipan tersebut terdapat pada paragraf kedua dari teks yang disajikan. Berdasarkan kalimat tersebut, deskripsi yang digambarkan berupa jumlah lukisan yang ada dan isi dari museum itu sendiri. Sehingga deskripsi mencakup semua yang disampaikan pada paragraf kedua. Dengan demikian, deskripsi museum tersebut adalah museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Selain berbagai macam lukisan, di museum besar ini juga terdapat karya-karya lainnya dari beberapa seniman teman almarhum Affandi.

Teks deskripsi merupakan teks yang menceritakan atau menggambarkan tentang suatu peristiwa, objek atau tempat, yang ditulis sacara detail. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks deskripsi yaitu teks yang memaparkan sesuatu dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang memiliki tujuan memberikan kesan atau impresi kepada para pembaca terhadap objek, peristiwa, gagasan, tempat yang ingin disampaikan penulis secara otentik.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan isi teks deskripsi adalah:

  1. Baca teks deskripsi secara keseluruhan.
  2. Temukan info-info penting yang terdapat dalam teks.
  3. Tandai info-info penting agar mudah diingat.
  4. Cari pokok pikiran tiap paragraf.
  5. Temukan informasi berupa isi dari teks deskripsi.

Berdasarkan kutipan:
Museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. 

Kutipan tersebut terdapat pada paragraf kedua dari teks yang disajikan. Berdasarkan kalimat tersebut, deskripsi yang digambarkan berupa jumlah lukisan yang ada dan isi dari museum itu sendiri. Sehingga deskripsi mencakup semua yang disampaikan pada paragraf kedua.

Dengan demikian, deskripsi museum tersebut adalah museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan berbagai macam lukisan karya Affandi, dengan total 300 buah lukisan. Selain berbagai macam lukisan, di museum besar ini juga terdapat karya-karya lainnya dari beberapa seniman teman almarhum Affandi.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Deskripsi

Kebahasaan Teks Deskripsi

Menganalisis Teks Deskripsi

Membuat Teks Deskripsi

177

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah

4rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia