Roboguru

Bagaimana dampak negatif penggunaan PVC?

Pertanyaan

Bagaimana dampak negatif penggunaan PVC? 

Pembahasan Soal:

PVC atau Polivinil Klorida adalah termoplastik yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada industri konstruksi bangunan.  Penggunaan PVC dapat memicu kanker, sakit hati dan sakit ginjal. Pembakaran PVC juga dapat menimbulkan uap asam klorida yang mematikan tanaman.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Adhika

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Persamaan sifat antara karet dan plastik adalah ....

Pembahasan Soal:

Persamaan sifat antara karet dan plastik:space 

  • tidak menyerap air
  • bersifat isolator
  • memiliki sifat elastisitas

0

Roboguru

Sifat bahan plastik yang tidak mudah pecah, lentur, dan tahan karat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti peralatan makan hingga produk kerajinan misalnya bunga dan tas. Namun, sampah plastik...

Pembahasan Soal:

Plastik merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan karena memiliki sifat yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Namun sampah plastik menjadi masalah yang harus ditangani oleh manusia. Plastik memiliki sifat tidak mudah terurai, sehingga menimbun sampah plastik dapat merusak lingkungan. Sampah plastik yang dibakar juga dapat menimbulkan masalah lain berupa polusi udara. Oleh sebab itu, cara yang paling baik dilakukan untuk mengatasi masalah sampah plastik adalah dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut menjadi berbagai macam hal, seperti bahan bakar dan kerajinan.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined

0

Roboguru

Sebuah pabrik pembuatan peralatan rumah tangga ingin membuat produk yang tidak mudah pecah, ringan, tahan karat, dan bersifat isolator (tidak menghantarkan panas). Pasangan bahan baku yang tepat digun...

Pembahasan Soal:

Kayu dan Plastik adalah bahan-bahan yang lambat menghantarkan panas, maka kayu dan plastik adalah isolator panas, serta tahan karat dan tidak mudah pecah. 

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Botol air mineral mencantumkan simbol segitiga seperti gambar disamping. Simbol tersebut mengindikasikan bahwa botol air mineral . . . .

Pembahasan Soal:

Kode ini berarti kemasan plastik terbuat dari polyethylene terephthalate. Kemasan plastik ini berwarna jernih/bening, permukaannya halus, tidak mudah rusak atau pecah, bisa dipakai untuk makanan atau minuman panas, dan kuat. PETE mampu menghalangi oksigen, air, dan karbon dioksida keluar atau masuk. Oleh karena itu, PETE sangat cocok dipakai untuk kemasan minuman ringan berkarbonasi (bersoda), air mineral, jus, minuman olahraga, bir, obat kumur, dan saus.

Botol plastik berlabel PETE ini aman digunakan, namun hanya untuk satu kali pemakaian saja. Menggunakan kembali botol plastik yang terbuat dari PETE bisa berbahaya. PETE bisa luntur seiring berjalannya waktu dan larut ke dalam minuman. Selain itu, air pada botol yang digunakan ulang akan muncul racun DEHA yang terbukti menyebabkan masalah hati, masalah reproduksi, gangguan hormon, dan diduga menyebabkan kanker.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Benda tersebut terbuat dari jenis plastik yang bersifat ringan, mudah dibentuk, dan rapuh. Kode plastik yang tepat untuk benda tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Simbol dengan kode angka 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. Misalnya plastik untuk pipa air, ubin, kabel listrik, wrapping, dan mainan anak/hewan peliharaan. PVC tahan secara kimia dan biologi, sehingga PVC dipilih sebagai bahan pembuat pipa pembuangan dalam rumah tangga serta pipa lainnya, di mana pipa logam dibatasi karena memiliki sifat korosi. Dengan penambahan berbagai macam bahan anti tekanan serta stabilizer, PVC menjadi sebuah bahan yang cukup populer sebagai bingkai jendela dan juga pintu. PVC dapat menjadi cukup elastis dengan penambahan plasticizer sehingga dapat digunakan untuk insulator kabel. Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga perlu dihindari menggunakan jenis plastik ini untuk kemasan makanan atau minuman.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved