Roboguru

Bagaimana corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara...

Pertanyaan

Bagaimana corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara...

Pembahasan Soal:

Masa praaksara merupakan masa dimana manusia belum mengenal tulisan atau aksara. Corak kehidupan manusia pada masa itu diantara lain berdasarkan pada:

  1. Pola hunian, dimana manusia sangat bergantung kepada alam dengan mendekati sumber air. Selain air kaya akan manfaat guna kebutuhan sehari hari, dekat dengan sumber air juga dapat mempermudah mereka mendapatkan makanan.
  2. Pemenuhan kebutuhan, manusia masa praaksara mengawalinya dengan kegiatan food gathering atau mengumpulkan dan berburu makanan. Maka dari itu mereka diharuskan untuk berpindah-pindah tempat (nomaden) karena kebutuhan mereka sangat tergantung ketersediaan alam. Namun berjalanannya waktu perubahan terjadi dalam pemenuhan kebutuhan dimana manusia saat itu mulai memproduksi makananan atau food producing dan mengharuskan mereka untuk menetap di tempatnya (sedenter).
  3. Kepercayaan, manusia praaksara mulai mengenal kepercayaan terlebih mengenai kehidupan setelah kematian. Mereka percaya bahawa kerabat, teman yang sudah tiada ditempatkan di alam lain, maka dari itu mereka yang masih hidup harus menghormatinya. Kepercayaan ini berkembang hingga muncul Anismisme (percaya pada roh nenek moyang) dan Dinamisme (percaya bahwa sebuah benda memiliki kekuatan gaib).

Dengan demikian, corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dapat dipahami dari pola huniannya yang sangat tergantung pada alam, kemudian cara bertahan hidup seperti berburu hingga akhirnya dapat memproduksi makanan dan manusia praaksara sudah mengenal adanya kepercayaan.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved