Roboguru

Bagaimana caranya agar seseorang dapat menjadi akuntan?

Pertanyaan

Bagaimana caranya agar seseorang dapat menjadi akuntan? space

Pembahasan Soal:

Akuntan adalah orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan akuntansi. Akuntan terbagi menjadi 4 antara lain:

  • Akuntan publik yaitu akuntan yang bekerja secara independen dan  tidak terikat perusahaanuntuk menilai kelayakan laporan keuangan perusahaan.
  • Akuntan internal (akuntan perusahaan) yaitu akuntan yang terikat perusahaan (biasanya karyawan internal perusahaan) dan bertugas membuat dan menyajikan laporan keuangan.
  • Akuntan pemerintah adalah akuntan milik pemerintah yang bertugas menilai laporan keuangan instansi pemerinta seperti pemerintah pusat, Pemda, Kementerian dan BUMN.
  • Akuntan pendidik adalah orang yang mengajarkan akuntansi, contohnya guru dan dosen akuntansi.

Untuk menjadi seorang akuntan, setidaknya seseorang harus menempuh pendidikan dan lebih bagus lagi jika dilanjutkan mengambil profesi akuntan agar benar-benar diakui sebagai seorang akuntan layaknya seorang dokter. Setidaknya untuk menjadi seorang akuntan yang memiliki sertifikasi dan kompetensi, seseorang harus mengikuti ujian profesi akuntan. Ujian ini dapat dilalui saat seseorang telah menempuh kuliah jurusan akuntansi. Setelah lulus ujian profesi, seseorang bisa langsung menjadi akuntan publik.

Jika ia hanya ingin menjadi akuntan perusahaan dan akuntan pendidik bisa juga hanya kuliah jurusan akuntansi tanpa mengambil pendidikan profesi. Namun, untuk menjadi akuntan publik tidak cukup hanya kuliah akuntansi saja tetapi juga harus mengambil profesi akuntan. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved