Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara untuk menciptakan perdamaian?

Bagaimana cara untuk menciptakan perdamaian? 

Iklan

F. Riskiyah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

akar permasalahan konflik harus diselesaikan dan mengampuni, guna memperoleh kerukunan tanpa kebencian, dendam, amarah, menghargai satu sama lain serta dapat membina hubungan kembali. Sehingga, rekonsilasi merupakan bagian dari resolusi konflik sekaligus tahapan yang dapat dilakukan untuk menciptakan perdamaian antara kedua pihak yang berkonflik.

akar permasalahan konflik harus diselesaikan dan mengampuni, guna memperoleh kerukunan tanpa kebencian, dendam, amarah, menghargai satu sama lain serta dapat membina hubungan kembali. Sehingga, rekonsilasi merupakan bagian dari resolusi konflik sekaligus tahapan yang dapat dilakukan untuk menciptakan perdamaian antara kedua pihak yang berkonflik. 

Iklan

Pembahasan

Perdamaian merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya konflik . Sebab tidakselamanya konflik harus berujung pada kekerasanyang dapat merugikan berbagai pihak. Tidak semua orangmempertahankan argumennya untuk sebuah kemenangandalam perselisihan, melainkan mereka menginginkan damaisebagai jalan terbaik. Sehingga damai dapat menjadi jalan alternatif yang dapatmenyelaraskan kembali hubungan di antara masyarakat . Secara definisi, perdamaianmerupakan usaha penyesuaian danpengarahan kepada sesuatu yang baik. Misalnya, ketika di kelas terjadi percekcokan antara dua siswa maka perdamaianmerupakan jalan terbaik agar hubungan keduanya menjadiakur kembali. Adapun cara yang dapat dilakukan guna menciptakan perdamaian ialah melalui rekonsiliasi konflik. Menurut Galtung, rekonsiliasi adalah bentuk akomodatif dari pihak-pihak yang terlibat konflik destruktif untuk saling menghargai satu sama lain, menyingkirkan rasa sakit, dendam, takut, benci, dan bahaya terhadap pihak lawan. Rekonsiliasiberusaha menyelaraskan ataumenyelesaikan suatu ketidakcocokan, bergabungkembali, berbaik kembali, sependapat kembali,memulihkan persekutuan kembali dan kepercayaan. Oleh sebab itu, akar permasalahan konflik harus diselesaikan dan mengampuni, guna memperoleh kerukunan tanpa kebencian, dendam, amarah, menghargai satu sama lain serta dapat membina hubungan kembali. Sehingga, rekonsilasi merupakan bagian dari resolusi konflik sekaligus tahapan yang dapat dilakukan untuk menciptakan perdamaian antara kedua pihak yang berkonflik.

Perdamaian merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya konflik. Sebab tidak selamanya konflik harus berujung pada kekerasan yang dapat merugikan berbagai pihak. Tidak semua orang mempertahankan argumennya untuk sebuah kemenangan dalam perselisihan, melainkan mereka menginginkan damai sebagai jalan terbaik. Sehingga damai dapat menjadi jalan alternatif yang dapat menyelaraskan kembali hubungan di antara masyarakat.

Secara definisi, perdamaian merupakan usaha penyesuaian dan pengarahan kepada sesuatu yang baik. Misalnya, ketika di kelas terjadi percekcokan antara dua siswa maka perdamaian merupakan jalan terbaik agar hubungan keduanya menjadi akur kembali. 

Adapun cara yang dapat dilakukan guna menciptakan perdamaian ialah melalui rekonsiliasi konflik. Menurut Galtung, rekonsiliasi adalah bentuk akomodatif dari pihak-pihak yang terlibat konflik destruktif untuk saling menghargai satu sama lain, menyingkirkan rasa sakit, dendam, takut, benci, dan bahaya terhadap pihak lawan. Rekonsiliasi berusaha menyelaraskan atau menyelesaikan suatu ketidakcocokan, bergabung kembali, berbaik kembali, sependapat kembali, memulihkan persekutuan kembali dan kepercayaan. 

Oleh sebab itu, akar permasalahan konflik harus diselesaikan dan mengampuni, guna memperoleh kerukunan tanpa kebencian, dendam, amarah, menghargai satu sama lain serta dapat membina hubungan kembali. Sehingga, rekonsilasi merupakan bagian dari resolusi konflik sekaligus tahapan yang dapat dilakukan untuk menciptakan perdamaian antara kedua pihak yang berkonflik. 

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

205

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebagai tanggung jawab pemerintah dalam menyelesaikan konflik, pemerintah mengeluarkan upaya pemulihan konflik ( recovery ) terdapat dalam Undang-Undang ....

514

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia