Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara reproduksi Porifera,Coelenterata, dan Echinodermata? Serta buatlah daur hidup Porifera dan Coelenterata dan bentuk skema!

Bagaimana cara reproduksi Porifera, Coelenterata, dan Echinodermata? Serta buatlah daur hidup Porifera dan Coelenterata dan bentuk skema! 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Cara reproduksi Porifera,Coelenterata, dan Echinodermata adalah sebagai beikut. Reproduksi Porifera Reproduksi seksual Porifera, dilakukan dengan penyatuan sel telur dengan sel sperma dari arkeosit. Sel-sel sperma dilepaskan ke dalam air, kemudian masuk ke tubuh spons lain bersama aliran air melalui ostium untuk melakukan fertilisasi. Hasil pembuahan berupa zigot yang akan berkembang menjadi larva bersilia. Larva tersebut akan keluar dari tubuh porifera induk melalui oskulum, kemudian melekat di dasar perairan untuk tumbuh menjadi dewasa. Sedangkan reproduksi aseksualnya dengan tunas dan gemma. Reproduksi Coelenterata Reproduksi seksual Coelenterata dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma) .Gamet dihasilkan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip. Selanjutnya zigot akan berkembang menjadi larva planula. Sedangkan reproduksi aseksualnya yaitu dengan tunas. Reproduksi Echinodermata Echinodermata bereproduksi secara seksual dan aseksual. Reproduksi secara aseksual dengan pembelahan fisi, yaitu penyekatan dan pemisahan pisin pusat (piringan kecil di pusat tubuh), kemudian masing-masing bagian tubuh yang terpisahakan melakukan regenerasi menjadi individu yang lengkap. Sedangkan reproduksi seksualnya dengan penyatuan gamet jantan dan betina (fertilisasi) internal. Daur hidup porifera Pembuahan --> larva --> larva keluar dan tumbuh di tempat baru Daur hidup coelenterata Zigot -->larva planula --> skifistoma --> strobila --> ephyra -->medusa Daur hidup echinodermata Zigot --> larva planula --> polip dewasa --> planula --> medusa

Cara reproduksi Porifera, Coelenterata, dan Echinodermata adalah sebagai beikut.

  1. Reproduksi Porifera
    Reproduksi seksual Porifera, dilakukan dengan penyatuan sel telur dengan sel sperma dari arkeosit. Sel-sel sperma dilepaskan ke dalam air, kemudian masuk ke tubuh spons lain bersama aliran air melalui ostium untuk melakukan fertilisasi. Hasil pembuahan berupa zigot yang akan berkembang menjadi larva bersilia. Larva tersebut akan keluar dari tubuh porifera induk melalui oskulum, kemudian melekat di dasar perairan untuk tumbuh menjadi dewasa. Sedangkan reproduksi aseksualnya dengan tunas dan gemma. 
  2. Reproduksi Coelenterata 
    Reproduksi seksual Coelenterata dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma)
    .Gamet dihasilkan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip. Selanjutnya zigot akan berkembang menjadi larva planula. Sedangkan reproduksi aseksualnya yaitu dengan tunas. 
  3. Reproduksi Echinodermata 
    Echinodermata bereproduksi secara seksual dan aseksual. Reproduksi secara aseksual dengan pembelahan fisi, yaitu penyekatan dan pemisahan pisin pusat (piringan kecil di pusat tubuh), kemudian masing-masing bagian tubuh yang terpisahakan melakukan regenerasi menjadi individu yang lengkap. Sedangkan reproduksi seksualnya dengan penyatuan gamet jantan dan betina (fertilisasi) internal. 

Daur hidup porifera

Pembuahan --> larva --> larva keluar dan tumbuh di tempat baru

Daur hidup coelenterata 
Zigot --> larva planula --> skifistoma --> strobila --> ephyra --> medusa 
 
Daur hidup echinodermata
Zigot --> larva planula --> polip dewasa --> planula --> medusa 

Latihan Bab

Klasifikasi Animalia

Porifera

Cnidaria dan Ctenophora

Plathyhelminthes

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana reproduksi pada Porifera?

702

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia