Pertanyaan

Bagaimana cara menyimpulkan isi syair?

Bagaimana cara menyimpulkan isi syair?space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

menyimpulkan isi syair dapat dilakukan dengan cara menentukan makna setiap kalimat dalam syair serta menentukan pesan-pesan syair tersebut.

menyimpulkan isi syair dapat dilakukan dengan cara menentukan makna setiap kalimat dalam syair serta menentukan pesan-pesan syair tersebut.space 

Pembahasan

Syair adalah salah satu jenis puisi klasik yang memperoleh pengaruh kebudayaan Arab. Syair termasuk salah satu puisi lama yang berasal dari Persia dan dibawa ke dalam sastra Indonesia bersama dengan masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Jumlah baris pada syair adalah empat baris dengan jumlah suku kata antara delapan hingga sepuluh suku kata. Isi syair dapat kita simpulkan dengan cara berikut. Menentukan makna syair Makna atau isi puisi rakyat dapat dipahami dengan baik jika mengerti kata-kata yang terkandung dalam puisi tersebut, baik dalam pantun, gurindam, maupun syair. Kamu harus manafsirkan arti setiap kata dalam puisi tersebut. Kata-kata dalam puisi sering bermakna konotasi. Memaknai puisi dapat dilakukan dengan cara: Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau larik karena kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrase. Menafsirkan makna kata. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata. Menentukan pesan atau amanat dalam syair. Pesan atau amanat merupakan kesan yang ditangkap pembaca setelah membaca puisi rakyat. Cara menyampaikan amanat puisi berkaitan dengan cara pandang pembaca terhadap suatu hal. Meskipun ditentukan dengan cara pandang pembaca, amanat tidak lepas dari tema dan isi puisi yang dikemukakan penyair. Dengan demikian, menyimpulkan isi syair dapat dilakukan dengan cara menentukan makna setiap kalimat dalam syair serta menentukan pesan-pesan syair tersebut.

Syair adalah salah satu jenis puisi klasik yang memperoleh pengaruh kebudayaan Arab. Syair termasuk salah satu puisi lama yang berasal dari Persia dan dibawa ke dalam sastra Indonesia bersama dengan masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Jumlah baris pada syair adalah empat baris dengan jumlah suku kata antara delapan hingga sepuluh suku kata.

Isi syair dapat kita simpulkan dengan cara berikut.

  • Menentukan makna syair

Makna atau isi puisi rakyat dapat dipahami dengan baik jika mengerti kata-kata yang terkandung dalam puisi tersebut, baik dalam pantun, gurindam, maupun syair. Kamu harus manafsirkan arti setiap kata dalam puisi tersebut. Kata-kata dalam puisi sering bermakna konotasi. Memaknai puisi dapat dilakukan dengan cara:

  1. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau larik karena kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.
  2. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrase.
  3. Menafsirkan makna kata.
  4. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.
  • Menentukan pesan atau amanat dalam syair.

Pesan atau amanat merupakan kesan yang ditangkap pembaca setelah membaca puisi rakyat. Cara menyampaikan amanat puisi berkaitan dengan cara pandang pembaca terhadap suatu hal. Meskipun ditentukan dengan cara pandang pembaca, amanat tidak lepas dari tema dan isi puisi yang dikemukakan penyair.

Dengan demikian, menyimpulkan isi syair dapat dilakukan dengan cara menentukan makna setiap kalimat dalam syair serta menentukan pesan-pesan syair tersebut.space 

918

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan syarat-syarat syair?

452

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia