Pertanyaan

Bagaimana cara menentukan umur peninggalan budaya pada Masa Praaksara ...

Bagaimana cara menentukan umur peninggalan budaya pada Masa Praaksara ...

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara untuk menentukan umur peninggalan budaya Masa Praaksara bisa dilakukan dengan teknikTipologi, Stratigrafi dan Kimiawi.

cara untuk menentukan umur peninggalan budaya Masa Praaksara bisa dilakukan dengan teknik Tipologi, Stratigrafi dan Kimiawi.

Pembahasan

Pembahasan

Masa Praaksara merupakan salah satu pembabakan dalam sejarah perjalanan hidup umat manusia, ia menjadi bagian awal sebelum kelak manusia memasuki Masa Sejarah. Adapun yang dimaksud dengan Masa Praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Meski tidak mengenal tulisan dan tidak meninggalkan tulisan, bukan berarti tidak adanya perkembangan kehidupan yang dapat diamati. Terdapat cara untuk melihat proses perkembangan kehidupan kebudayaan pada Masa Praaksara, yaitu dengan melihat bukti peninggalan kehidupan mereka dari semua benda yang yang pernah mereka ciptakan, dengan kata lain dari artefak yang mereka tinggalkan baik berupa candi-candi, perkakas atau patung.Adapun cara untuk mengamati umur bukti atau artefak Masa Praaksara, dapat digunakan beberapa cara sebagai berikut : Teknik Tipografi, yaitu cara penentuan usia peninggalan budaya manusia berdasarkan bentuk tipe dari peninggalan tersebut. Semakin sederhana tipe benda yang dimaksud maka semakin tua umur benda yang dimaksud. Teknik Stratigrafi, yaitu penentuan umur benda peninggalan manusia berdasarkan lapisan tanah benda itu dtemukan. Semakin dalam benda itu ditemukan maka semakin tua umur yang dimaksud, sementara lapisan tanah atas memiliki umur yang relatif muda. Teknik Kimiawi, yakni cara menentukan umur benda peninggalan manusia berdasarkan unsur kimia yang terkandung. Dengan demikian, cara untuk menentukan umur peninggalan budaya Masa Praaksara bisa dilakukan dengan teknikTipologi, Stratigrafi dan Kimiawi.

Masa Praaksara merupakan salah satu pembabakan dalam sejarah perjalanan hidup umat manusia, ia menjadi bagian awal sebelum kelak manusia memasuki Masa Sejarah. Adapun yang dimaksud dengan Masa Praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Meski tidak mengenal tulisan dan tidak meninggalkan tulisan, bukan berarti tidak adanya perkembangan kehidupan yang dapat diamati. Terdapat cara untuk melihat proses perkembangan kehidupan kebudayaan pada Masa Praaksara, yaitu dengan melihat bukti peninggalan kehidupan mereka dari semua benda yang yang pernah mereka ciptakan, dengan kata lain dari artefak yang mereka tinggalkan baik berupa candi-candi, perkakas atau patung. Adapun cara untuk mengamati umur bukti atau artefak Masa Praaksara, dapat digunakan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Teknik Tipografi, yaitu cara penentuan usia peninggalan budaya manusia berdasarkan bentuk tipe dari peninggalan tersebut. Semakin sederhana tipe benda yang dimaksud maka semakin tua umur benda yang dimaksud.
  2. Teknik Stratigrafi, yaitu penentuan umur benda peninggalan manusia berdasarkan lapisan tanah benda itu dtemukan. Semakin dalam benda itu ditemukan maka semakin tua umur yang dimaksud, sementara lapisan tanah atas memiliki umur yang relatif muda.
  3. Teknik Kimiawi, yakni cara menentukan umur benda peninggalan manusia berdasarkan unsur kimia yang terkandung. 

Dengan demikian, cara untuk menentukan umur peninggalan budaya Masa Praaksara bisa dilakukan dengan teknik Tipologi, Stratigrafi dan Kimiawi.

3rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut! Masa berakhirnya zaman praaksaraterjadi ketika manusia mulai mengenal tulisan. Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia