Roboguru

Bagaimana cara mendaur ulang kertas agar bisa digunakan lagi?

Pertanyaan

Bagaimana cara mendaur ulang kertas agar bisa digunakan lagi?space 

Pembahasan Soal:

Kertas merupakan salah satu barang produksi hasil sumber daya alam hutan berupa kayu. Untuk menjaga sumber daya kayu agar tidak cepat habis untuk produksi kertas, maka perlu dilakukan daur ulang kertas. Cara mendaur ulang kertas adalah sebagai berikut.

  • Kertas yang sudah tidak terpakai bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan.
  • Kertas atau koran bekas dapat didaur ulang kembali menjadi kertas yang baru dengan teknik sederhana menggunakan beberapa bahan seperti lem kayu, zat pewarna, dan air.

space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Persebaran sumber daya alam antara satu daerah/pulau berbeda-beda, ada daerah yang dikenal sebagai penghasil barang tambang, ada pula daerah pulau yang dikenal sebagai penghasil hutan/pertanian. Sumbe...

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam yang ada di Jawa Tengah antara lain sebagai berikut : 

  1. granit
  2. kapur
  3. mangan
  4. marmer
  5. pasir kuarsa
  6. tembaga
  7. tras
  8. yodium
  9. pasir besi
  10. fosfat

Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki. sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah hasil hutan. Hasil hutan yang dikelola dapat berupa kayu maupun nonkayu. Hasil hutan nonkayu I...

Pembahasan Soal:

Hutan sangat penting bagi negara, bukan karena hasilnya saja, tetapi kelestariannya perlu diperhatikan atau dipertahankan. Hasil hutan yang dikelola dapat berupa kayu maupun nonkayu. Hasil hutan kayu sangat bervariasi dan melimpah, berbagai pohon menghasilkan kayu yang bernilai ekonomis. Hasil hutan nonkayu yaitu bahan atau komoditas yang didapatkan dari hutan tanpa menebang pohon. Hasil hutan nonkayu Indonesia juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan contohnya sirih dan getah pinus.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka hasil hutan nonkayu Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan adalah sirih dan getah pinus

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan permasalahan yang terjadi akibat deforestasi yang terjadi di Kalimantan, terutama yang berkaitan dengan perubahan kuantitas dan kualitas air !

Pembahasan Soal:

Pengawahutanan, penghilangan hutan, penggundulan hutan, atau deforestasi adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nir-hutan, yakni pertanian, peternakan atau kawasan perkotaan. Deforestasi dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kehidupan manusia. Sebab hilangnya pepohonan yang ada di dalam hutan dapat memicu berbagai bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, dan kekeringan. Deforestasi mengacu pada kehilangan atau kerusakan hutan yang terjadi secara alami, terutama akibat aktivitas manusia seperti penebangan, menebang pohon untuk bahan bakar, tebang-dan-bakar pertanian, pembukaan lahan untuk penggembalaan ternak, operasi pertambangan, ekstraksi minyak, pembangunan bendungan, dan perkotaan. Dengan berkurangnya fungsi hidrologis hutan, maka hutan tidak dapat menampung kelebihan air hujan dan dapat menyebabkan bencana hidrologis seperti banjir dan tanah longsor.

0

Roboguru

Deskripsikan potensi sumber daya alam yang dapat diambil dari sektor kehutanan di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Hutan adalah tempat hidup berbagai jenis hewan, menjaga iklim mikro, menyimpan air tanah dan mencegah banjir. Hutan berperan sebagai hutan produksi, hutan rekreasi, hutan lindung dan hutan suaka alam. Potensi sumber daya alam yang dapat diambil dari sektor kehutanan di Indonesia adalah komoditas kehutanan di antaranya jenis Meranti, Agathis, Kopal, Ulin, Anggrek hitam dan Cendana. Meranti merupakan jenis pohon hutan hujan tropis berkayu keras. Di Indonesia, meranti banyak tumbuh di hutanhutan Sumatra, Kalimantan, dan Maluku.

0

Roboguru

Kayu cendana adalah hasil hutan yang terdapat di daerah....

Pembahasan Soal:

Cendana merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Penyebarannya yaitu di Pulau Timor, Sumba, Alor, Solor, Pantar, Flores, Roti, dan pulau-pulau lainnya. Selain di NTT, cendana juga bisa ditemui di daerah Gunung Kidul, Imogiri, Kulon Progo (DIY), Bondowoso (Jawa Timur), dan Sulawesi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved