Roboguru

Pertanyaan

Lukisan Pemandangan Flores karya Basuki Abdullah

    Basuki Abdullah merupakan salah satu maestro lukis terbesar di tanah air. la adalah pelukis naturalis yang karyanya menggema hingga pelosok dunia. Ciri khasnya adalah bagaimana ia mampu melukiskan pemandangan atau potret dengan goresan kuas yang ekspresif namun tetap rapi dan mirip dengan keadaan aslinya. Salah satunya adalah lukisan yang berjudul "Pantai Florese".

    Lukisan ini menggambarkan keindahan pantai Flores dengan apa adanya dalam sudut pandang yang istimewa. Basuki Abdullah mengambil seluruh bagian alam yang ada di pantai secara rakus namun dalam cara yang indah. Hutan, bukit. pantai, dan lautan memenuhi lukisan pemandangan ini.

    Hutan tropis pula Flores tampak detail dan eksotik dalam genggaman Abdullah. Pohon-pohon meliuk ke sana kemari ditempatkannya di bagian paling depan pemandangan menjadikannya figur kuat untuk menyokong pemandangan yang lain.

    Bukit dijejerkan dengan kekuatan pengarah pandangan yang membuat kita ingin menelusuri karya ini lebih jauh lagi. Bagaimana tidak, bukit itu digambarkan dari bagian yang paling dekat yang sangat hijau kemudian terus menjauh dan memudar hingga akhirnya menjadi kebiruan dan pada akhimya mengarahkan kita pada pegunungan di bawah megahnya langit biru yang diselimuti awan putih.

    Ombak digambarkan dengan cara yang kuat namun tetap lembut dan anggun, mengayun menuju tepi pantai. Terdapat dua figur yang tampak sedang menikmati keindahan alam di sana. Salah satu figur tersebut tampak berdiri dan merentangkan tangannya di atas karang dan hendak menyambut ombak. Kedua figur tersebut memberikan narasi lebih akan keindahan pantai tersebut.

    Karya ini sungguh merupakan mahakarya tiada tara yang berhasil menciptakan suasana keindahan alam Indonesia lewat sudut pandang yang sangat cemerlang. Komposisi disusun secara apik dan berhasil memuat semua keindahan yang ada di sana tanpa menjadi "berisik" dan tetap harmonis meskipun terhitung "rakus" dalam mengambil subjek lukis. Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari Basuki Abdullah yang mampu menyulap suatu pemandangan rumit menjadi karya naturalis yang indah dan apik.undefined 

Bagaimana cara menanggapinya?undefined  

  1. ...undefined  

  2. ...undefined  

R. Ryan

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Cara si penanggap menanggapi karya tersebut adalah memberikan komentar positif terhadap setiap detail dari karya lukisan tersebut. Mulai dari sudur pandang, goresan, komposisi, dijelaskan dengan detail dan cermat oleh si penanggap.undefined 

44

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Buatlah 2 buah contoh Kalimat Tanggapan bila kalian mendapat pujian dari orang lain!

169

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia