Roboguru

Pertanyaan

Bagaimana cara membedakan larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan non elektrolit?space 

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

membedakan larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit adalah dari nyala lampu dan gelembung gasnya pada ala uji elektrolit.

Pembahasan

Larutan elektrolit kuat merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik, karena larutan ini dapat mengion sempurna (begin mathsize 14px style alpha equals 1 end style). Sehingga jika diuji dengan alat uji elektrolit akan dihasilkan nyala lampu yang terang dan gelembung gas yang banyak.

Larutan elektrolit lemah merupakan larutan yang hanya terion sebagian sehingga daya hantarnya kurang kuat. Jika diuji menggunakan alat uji elektrolit, nyala lampunya akan redup dan gelembung gasnya sedikit, atau lampunya padam namun ada gelembung gas, atau bisa juga gelembung gasnya tidak ada namun lampu menyala redup.

Sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang sama sekali tidak dapat menghantarkan listrik karena tidak terion dalam air. Sehingga pada uji coba elektrolit larutan ini tidak menyalakan lampu dan tidak menghasilkan gelembung gas.

Jadi, membedakan larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit adalah dari nyala lampu dan gelembung gasnya pada ala uji elektrolit.

1rb+

4.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Dari percobaan daya hantar listrik beberapa larutan dalam air, diperoleh data:   Pernyataan berikut yang benar adalah ....

54

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia