Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara melakukan koreksi kesalahan, baik kesalahan pada waktu menjurnal maupun kesalahan pada waktu melakukan posting ke buku besar?

Bagaimana cara melakukan koreksi kesalahan, baik kesalahan pada waktu menjurnal maupun kesalahan pada waktu melakukan posting ke buku besar? space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kesalahan bisa terjadi saat melakukan pencatatan jurnal dan memposting ke buku besar. Penyebab kesalahan tersebut antara lain sebagai berikut. Kesalahan mengklasifikikasikan akun. Kesalahan mencatatat nilai. Kesalahan lainnya seperti kesalahan hitung. Langkah yang dilakukan untuk melakukan koreksi atas kesalahan pencatatan jurnal adalah dengan membuat jurnal penghapusan kemudian membuat jurnal yang benar atau dengan membalikkan jurnal atas akun yang salah . Contohnya sebagai berikut. Perusahaan Maju membeli peralatan secara tunai sebesar Rp10.000.000,00. Perusahaan salah mencatattransaksi sebagai berikut sebagai berikut: Untuk melakukan koreksi dengan membuat jurnal penghapusan kemudian membuat jurnal yang benar makaPerusahaan Maju membuat jurnal koreksi sebagai berikut: Jurnal Penghapusan: Jurnal yang benar: Sementara jika Perusahaan Maju ingin membalikkan jurnal maka jurnal koreksi yang dibuat adalah sebagai berikut: Sementara langkah koreksi ketika memposting ke buku besar dilakukan dengan cara berikut. Menyesuaikan postingan dengan jurnal koreksi yang dibuat. Memeriksa kembali postingan buku besar dengan jurnal yang telah dibuat. Mencoret/ mengganti dengan hal yang sebenarnya.

Kesalahan bisa terjadi saat melakukan pencatatan jurnal dan memposting ke buku besar. Penyebab kesalahan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Kesalahan mengklasifikikasikan akun.
  2. Kesalahan mencatatat nilai.
  3. Kesalahan lainnya seperti kesalahan hitung.

Langkah yang dilakukan untuk melakukan koreksi atas kesalahan pencatatan jurnal adalah dengan membuat jurnal penghapusan kemudian membuat jurnal yang benar atau dengan membalikkan jurnal atas akun yang salah. Contohnya sebagai berikut.

Perusahaan Maju membeli peralatan secara tunai sebesar Rp10.000.000,00. Perusahaan salah mencatat transaksi sebagai berikut sebagai berikut:

Untuk melakukan koreksi dengan membuat jurnal penghapusan kemudian membuat jurnal yang benar maka Perusahaan Maju membuat jurnal koreksi sebagai berikut:

Jurnal Penghapusan:

Jurnal yang benar:

Sementara jika Perusahaan Maju ingin membalikkan jurnal maka jurnal koreksi yang dibuat adalah sebagai berikut:

Sementara langkah koreksi ketika memposting ke buku besar dilakukan dengan cara berikut.

  1. Menyesuaikan postingan dengan jurnal koreksi yang dibuat.
  2. Memeriksa kembali postingan buku besar dengan jurnal yang telah dibuat.
  3. Mencoret/ mengganti dengan hal yang sebenarnya.

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Akun yang termasuk kelompok buku besar adalah .... harta kewajiban ekuitas pemilik Piutang

692

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia