Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kantong Semar Nyaris Punah

    Pascaerupsi 2010, beberapa tumbuhan khas tumbuh di kawasan lereng  Gunung  Merapi  nyaris punah. Salah satunya kantong semar. Sebelum erupsi, tumbuhan pemakan daging itu banyak ditemukan di sekitar  tebing dan hutan Merapi. Namun kini, keberadaannya sangat sulit dijumpai. Selain bencana alam, langkanya tumbuhan bernama Latin Nepenthes itu juga disebabkan ulah manusia. "Ada orang  yang sengaja mengambil  lalu dijual ke kolektor. Kantong semar memang memiliki nilai ekonornis cukup tinggi," ungkap Koordinator Pengendalian Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung  Merapi (TNGM) Asep Nia Kurnia, kemarin.

    Sejauh  ini, pihaknya belum memiliki rencana mendata secara spesifik maupun penanaman kembali tanaman tersebut. Sebab, saat ini masih fokus menjalankan program restorasi ekosistem di kawasan Merapi. Namun tidak tertutup kemungkinan ke depan akan ada program penanaman ulang tumbuhan kantong semar.

    Pihaknya telah menandai beberapa lokasi ditemukannya tumbuhan yang dilindungi negara  itu. Di  antaranya  Kaliurang, Kalikuning, dan pinggiran Sungai Kuning. "Ekosistem  sampai  saat  ini  belum pulih benar sehingga rumahnya (hutan Merapi) belum siap," katanya.

http://suaramerdeka.com/v1/index.phplread/cetak/2013/10/02/238685/Kantong·Semar-Nyaris-Punah-

Bagaimana cara kantong semar memperoleh makanan?

Bagaimana cara kantong semar memperoleh makanan? space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Cara kantong semar memperoleh makanan yaitu dengan menyerap nutrisi dari tanah dan menyerap nutrisi dari serangga yang terjebak di dalam kantongnya. Kantong semar mengeluarkan enzim yang disebut dengan protease. Enzim ini dikeluarkan oleh kelenjar yang ada pada dinding kantong. Sehingga protein serangga atau binatang lain diuraikan menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Nepenthes adalah tumbuhan khas daerah tropik yang juga banyak dikenal dengan nama kantong semar. Keunikan dari tumbuhan ini adalah bentuk, ukuran dan corak warna kantongnya. Kantong tersebut merupakan modifikasi ujung daun yang berubah bentuk dan fungsinya menjadi perangkap serangga atau binatang kecil lainnya. Keunikan kantong semar terletak pada cara ia mendapatkan makanan. Selain dengan akar yang menyerap nutrisi dari tanah, tanaman mampu menyerap nutrisi dari serangga yang terjebak di dalam kantongnya. Serangga-serangga ini dihancurkan oleh semacam senyawa menyerupai asam lambung yang dikeluarkan oleh dinding kantong. Kantong semar mengeluarkan enzim yang disebut dengan protease. Enzim ini dikeluarkan oleh kelenjar yang ada pada dinding kantong. Dengan bantuan enzim yang disebut dengan nepenthesin, protein serangga atau binatang lain diuraikan menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana.

Cara kantong semar memperoleh makanan yaitu dengan menyerap nutrisi dari tanah dan menyerap nutrisi dari serangga yang terjebak di dalam kantongnya. Kantong semar mengeluarkan enzim yang disebut dengan protease. Enzim ini dikeluarkan oleh  kelenjar  yang ada  pada  dinding  kantong. Sehingga protein serangga atau binatang lain diuraikan menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana.

Nepenthes adalah  tumbuhan  khas daerah tropik yang juga banyak dikenal dengan nama  kantong semar. Keunikan  dari tumbuhan ini adalah bentuk, ukuran dan corak warna kantongnya. Kantong tersebut merupakan modifikasi ujung daun yang berubah bentuk dan fungsinya menjadi perangkap serangga atau binatang kecil lainnya. Keunikan kantong semar terletak pada cara ia mendapatkan makanan. Selain dengan akar yang menyerap nutrisi dari tanah, tanaman mampu menyerap nutrisi dari serangga yang terjebak di dalam kantongnya. Serangga-serangga ini dihancurkan oleh  semacam senyawa menyerupai asam lambung yang dikeluarkan oleh dinding kantong. Kantong semar mengeluarkan  enzim yang disebut dengan protease. Enzim ini dikeluarkan oleh  kelenjar  yang ada  pada  dinding  kantong. Dengan  bantuan enzim yang disebut dengan nepenthesin,  protein serangga atau binatang lain diuraikan menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. space 

Latihan Bab

Apa itu Plantae?

Lumut (Bryophyta)

Paku (Pteridophyta)

Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

282

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk ke dalam familia ....

817

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia