Roboguru

Bagaimana bunyi hukum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro? Sebutkan manfaat dari masing-masing hukum tersebut!​

Pertanyaan

Bagaimana bunyi hukum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro? Sebutkan manfaat dari masing-masing hukum tersebut!blank subscript blank

Pembahasan Soal:

Dalam bidang kimia dikenal 5 lima hukum dasar kimia, dua diantaranya adalah hukum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro. Kedua hukum dasar ini diperoleh berdasarkan eksperimen mengenai gas.

Berikut penjelasan dari kedua hukum tersebut.

  1. Hukum Gay Lussac yang dikenal sebagai hukum perbandingan volume. Hukum Gay Lussac menyatakan bahwa "pada suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas yang bereaksi dan hasil reaksi merupakan bilangan bulat dan sederhana".
  2. Hipotesis Avogadro menyatakan "pada suhu dan tekanan yang sama, gas yang berbeda tetapi mempunyai volume yang sama akan memiliki jumlah partikel yang sama pula".

Kedua hukum dasar kimia tersebut spesifik menjelaskan kondisi gas-gas pada keadaan yang sama. Oleh karena itu, kedua hukum tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan mengenai hal berikut ini.

1. Manfaat hukum Gay Lussac

Pada hukum Gay Lussac berlaku aturan perbandingan volume sebanding dengan perbandingan koefisien. Dengan demikian, gas-gas yang tidak diketahui volumenya dapat dihitung berdasarkan perbandingan koefisien reaksi masing-masing gas terhadap volume salah satu pereaksi/produk yang diketahui.

2. Manfaat hipotesis Avogadro

Pada hipotesis Avogadro berlaku "perbandingan volume = perbandingan koefisien = perbandingan jumlah partikel". Dengan demikian hipotesis Avoagdro dapat menjelaskan hukum Gay Lussac dan dapat juga menentukan rumus molekul berbagai zat.
 

Jadi, hukum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro merupakan hukum dasar kimia yang dapat menjelaskan hubungan koefisien reaksi terhadap volume gas-gas yang terlibat serta menentukan rumus molekul berbagai zat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. MT

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam 1 liter oksigen (T, P) terdapat 2,7 x 1022 molekul oksigen. Pada suhu dan tekanan yang sama, hitung jumlah atom helium dalam 2 liter gas helium ...

0

Roboguru

Dua liter gas elpiji C2​H6​ bereaksi dengan oksigen berlebih menghasilkan gas karbon dioksida dan uap air. Tentukan volume gas oksigen yang diperlukan dan volume karbon dioksida serta uap air yang dih...

0

Roboguru

Pada penguraian 5 liter gas Nx​Oy​ dihasilkan 10 liter monoksida dan 2,5 liter gas oksigen, semua gas diukur pada suhu dan tekanan yang sama. Tentukan senyawa  tersebut!

0

Roboguru

Sebanyak 4 liter gas metana dibakar sempurna menurut persamaan reaksi: CH4​(g)+O2​(g)→CO2​(g)+H2​O(g)belumsetara  Volume gas oksigen yang diperlukan ...

0

Roboguru

Dalam 1 liter oksigen (T, P) terdapat 2,7 x 1022 molekul oksigen. Pada suhu dan tekanan yang sama, hitung jumlah molekul amonia (NH3) dalam 2 liter gas amonia ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved