Iklan

Iklan

Pertanyaan

Badu merupakan residivis kasus narkoba yang sering keluar masuk penjara. Di dalam penjara Badu membuat jaringan agar tetap bisa berjualan narkoba. Dari toleransi masyarakat perilaku Badu termasuk bentuk penyimpangan ....

Badu merupakan residivis kasus narkoba yang sering keluar masuk penjara. Di dalam penjara Badu membuat jaringan agar tetap bisa berjualan narkoba. Dari toleransi masyarakat perilaku Badu termasuk bentuk penyimpangan ....

  1. situasional

  2. sistematis

  3. individu

  4. sekunder

  5. primer

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

James Vander Zander mengatakan bahwa perilaku menyimpang adalah perilaku yang oleh mayoritas suatu masyarakat dianggap tercela dan tak bisa ditolerir. Terdapat 2 jenis penyimpangan sosial, yaitu primer dan sekunder. Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang bersifat sementara yang pertama kali dilakukan individu di mana tingah laku lainnya bersifat konformis (sesuai aturan atau norma) sehingga sifatnya dapat ditolerir . Sedangkan, penyimpangan sekunder adalah penyimpangan yang dilakukan berulang kali sementara tingkah laku lainnya juga tidak bersifat konformis sehingga sifatnya tidak dapat ditolerir . Pada kasus soal ini, Badu digambarkan sebagai residivis narkoba yang sudah sering keluar masuk penjara, namun tetap bisa membuat jaringan narkoba. Artinya, penyimpangan yang dilakukan Badu adalah penyimpangan sekunder yaitu penyimpangan yang sudah dilakukan berulang kali sehingga sifatnya tidak dapat ditolerir.

James Vander Zander mengatakan bahwa perilaku menyimpang adalah perilaku yang oleh mayoritas suatu masyarakat dianggap tercela dan tak bisa ditolerir. Terdapat 2 jenis penyimpangan sosial, yaitu primer dan sekunder.

Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang bersifat sementara yang pertama kali dilakukan individu di mana tingah laku lainnya bersifat konformis (sesuai aturan atau norma) sehingga sifatnya dapat ditolerir.

Sedangkan, penyimpangan sekunder adalah penyimpangan yang dilakukan berulang kali sementara tingkah laku lainnya juga tidak bersifat konformis sehingga sifatnya tidak dapat ditolerir.

Pada kasus soal ini, Badu digambarkan sebagai residivis narkoba yang sudah sering keluar masuk penjara, namun tetap bisa membuat jaringan narkoba. Artinya, penyimpangan yang dilakukan Badu adalah penyimpangan sekunder yaitu penyimpangan yang sudah dilakukan berulang kali sehingga sifatnya tidak dapat ditolerir.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pelaku menyimpang sekunder mempunyai hubungan dengan masyarakat sekitarnya yang ditandai dengan ....

43

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia