Roboguru

Badan yang membahas rumusan dasar negara adalah....

Pertanyaan

Badan yang membahas rumusan dasar negara adalah....

  1. BPUPKI

  2. PPKI

  3. Panitia Sembilan

  4. Perhimpunan Indonesia

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1944, Jepang terdesak, Angkatan Laut Amerika Serikat berhasil merebut kedudukan penting Kepulauan Mariana, sehingga jalan menuju Jepang semakin terbuka. Jenderal Hideki Tojo pun kemudian digantikan oleh Jenderal Kuniaki Kaiso sebagai perdana menteri. Angkatan udara Sekutu yang di Morotai pun mulai mengadakan pengeboman atas kedudukan Jepang di Indonesia. Rakyat mulai kehilangan kepercayaannya terhadap Jepang dalam melawan Sekutu. Sementara itu, Jenderal Kuniaki Kaiso memberikan janji kemerdekaan (September 1944). Sejak itulah Jepang memberikan izin kepada rakyat Indonesia untuk mengibarkan bendera Merah Putih di samping bendera Jepang Hinomaru. Lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan setelah lagu Kimigayo. Sejak itu pula Jepang mulai mengerahkan tenaga rakyat Indonesia untuk pertahanan. Mereka disiapkan untuk menghadapi musuh. Pada saat itu suasana kemerdekaan terasa semakin dekat. Selanjutnya, Letnan Jenderal Kumakici Harada mengumumkan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Maret 1945. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Badan itu diketuai oleh dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, R.P Suroso sebagai wakil ketua merangkap kepala Tata Usaha dan seorang Jepang sebagai wakilnya Tata Usaha, yaitu Masuda Toyohiko dan Mr. R. M. Abdul Gafar Pringgodigdo. Semua anggotanya terdiri dari 60 orang dari tokoh-tokoh Indonesia, ditambah tujuh orang Jepang yang tidak punya suara. Sidang BPUPKI dilakukan dua tahap, tahap pertama berlangsung pada 28 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945. Sidang pertama tersebut dilakukan di Gedung Chou Shangi In di Jakarta yang sekarang dikenal sebagai Gedung Pancasila. Pada masa penjajahan Belanda gedung ini digunakan sebagai gedung Volksraad. Meskipun badan itu dibentuk oleh pemerintah militer Jepang, jalannya persidangan baik wakil ketua maupun anggota istimewa dari kebangsaan Jepang tidak pernah terlibat dalam pembicaraan persiapan kemerdekaan. Semua hal yang berkaitan dengan masalah-masalah kemerdekaan Indonesia merupakan urusan pemimpin dan anggota dari Indonesia. Pada pidato sidang BPUPKI, Radjiman menyampaikan pokok persoalan mengenai Dasar Negara Indonesia yang akan dibentuk. Pada sidang tahap kedua yang berlangsung dari tanggal 10-11 Juni 1945, dirumuskan tentang Undang-Undang Dasar. Dalam kata pembukaannya Rajiman Wedyodiningrat meminta pandangan kepada para anggota mengenai dasar negara Indonesia. Orang-orang yang membahas mengenai dasar negara adalah Muhammad Yamin, Supomo, dan Sukarno.


Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut!  No.    K     L    1)  Jumlah wakil presiden ditetapkan dua orang.    Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan.    2)  Negara...

Pembahasan Soal:

Rancangan yang undang-undang BPUPKI yang dibahas dalam rapat PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 antara lain:

  1. Presiden harus bergama Islam, mengingat sebagian besar rakyat Indonesia beragama Islam.
  2. Jumlah wakil presiden ditetapkan dua orang.
  3. Presiden Republik Indonesia memegang kekuasan.
  4. Negara berdasar atas Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.

Berdasarkan penjelasan di atas, keterangan K1), K3), dan L1) merupakan keterangan yang benar.

1

Roboguru

Dalam Perang Pasifik melawan Sekutu tahun 1944, Jepang mulai mengalami masa turning point (kekalahan) di berbagai front pertempuran, langkah yang diambil Perdana Menteri Koiso dalam sidang istimewa pa...

Pembahasan Soal:

Dalam masa akhir Perang Dunia II, Jepang mulai mengalami kekalahan, terlebih di tahun 1944. Hal ini mendorong pemerintah Jepang untuk mencari simpatik tokoh nasional agar membantu Perang Jepang yang mulai terdesak. Akhirnya, dikeluarkanlah pernyataan mengenai janji kemerdekaan Indonesia yang akan diberikan di kemudian hari pada 7 September 1944. Sebagai realisasinya, Jepang pun membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945 yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Jadi, tujuan utama Jepang membentuk BPUPKI adalah untuk mencari simpatik tokoh nasional agar membantu Jeapng yang mulai terdesak dalam Perang Dunia II.

0

Roboguru

Lembaga bentukan Jepang yang bertugas mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk Indonesia merdeka adalah....

Pembahasan Soal:

Menjelang kekalahan Jepang dalam perang Pasifik, Jepang menerapkan beberapa strategi untuk menarik hati masyarakat Indonesia agar mau membantu Jepang dalam perang Asia Pasifik melawan Sekutu. Salah satu bentuk strategi tersebut adalah pembentukan BPUPKI. Terbentuknya BPUPKI merupakan realisasi dari Janji Koiso yang diberikan Jepang melalui Perdana Menteri Jepang Kunaiki Koiso pada tanggal 7 September 1944. BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh dr. Rajiman Wedyodiningrat dan wakilnya R.P. Soeroso. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah menyelidiki berbagai hal dalam segala bidang kehidupan yang diperlukan sebagai persiapan menuju Indonesia Merdeka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut adalah tujuan dibentuknya BPUPKI ....

Pembahasan Soal:

Tujuan utama dari BPUPKI adalah untuk "menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia”. Selain itu, BPUPKI juga bertugas mempersiapkan semua hal penting yang berkaitan dengan dasar negara dan bidang-bidang lain yang dibutuhkan dalam usaha membentuk suatu negara yang merdeka beserta tata pemerintahannya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah...

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Badan itu diketuai oleh Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, R.P Suroso sebagai wakil ketua merangkap kepala Tata Usaha dan seorang Jepang sebagai wakilnya Tata Usaha, yaitu Masuda Toyohiko dan Mr. R. M. Abdul Gafar Pringgodigdo. Semua anggotanya terdiri dari 60 orang dari tokoh-tokoh Indonesia, ditambah tujuh orang Jepang yang tidak punya suara.

Dengan demikian, tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk persiapan kemerdekaan Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved