Roboguru
SD

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal! Subagio Sastrowardoyo     Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966/1967, sajaknya yang berjudul "Dan Kematian Makin Akrab" merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971 Subagio menerima Anugerah Seni untuk sajaknya "Daerah Perbatasan" (1970). Tahun 1991, Subagio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua (1 990).     Dalam buku Sastra Indonesia Modern II (1957-1989), Prof. Dr. A. Teeuw mengatakan, "Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga tulisan-tulisan kritiknya. "Bahkan, lebih lanjut ahli sastra itu menyatakan, "Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya." Pola penyajian kutipan biografi tersebut didahului dengan ....

Pertanyaan

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal!


Subagio Sastrowardoyo


    Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966/1967, sajaknya yang berjudul "Dan Kematian Makin Akrab" merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971 Subagio menerima Anugerah Seni untuk sajaknya "Daerah Perbatasan" (1970). Tahun 1991, Subagio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua (1 990).

    Dalam buku Sastra Indonesia Modern II (1957-1989), Prof. Dr. A. Teeuw mengatakan, "Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga tulisan-tulisan kritiknya. "Bahkan, lebih lanjut ahli sastra itu menyatakan, "Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya."


Pola penyajian kutipan biografi tersebut didahului dengan ....space

  1. identifikasi tokohspace

  2. identifikasi karyaspace

  3. deskripsi karya-karya tokohspace

  4. kualitas karya yang dihasilkanspace

  5. pendapat orang terhadap tokohspace

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

Pembahasan

Pola penyajian adalah pola-pola yang digunakan dalam menyajikan sebuah teks. Pola penyajian pada teks biografi di atas diawali dengan identifikasi karya. Pada awal biografi dinyatakan penghargaan yang telah didapatkan oleh Subagio Sastrowardoyo.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

617

4.6 (5 rating)

muhammad gumilang

Bantu banget

Pertanyaan serupa

Berdasarkan pola penyajian di atas ke dua biografi tersebut dapat disimpulkan ....

21

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia