Roboguru

Bacalah teks ceramah berikut!     Bapak/lbu guru yang saya hormati,     Teman-teman yang saya sayangi,     Marilah kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha kuasa. Atas berkat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini dalam keadaan sehat. Bapak/lbu guru serta ternan-teman yang berbahagia,     Pada hari yang cerah ini, saya akan-mencoba mengemukakan permasalahan lingkungan di sekolah kita. Kita tahu bahwa lingkungan sekolah di sekitar telah menjadi cerminan budaya sekolah ini. Sangat disayangkan jika lingkungan ini terlihat tidak elok dipandang atau tidak nyaman lagi. Ada pepatah mengatakan "sekolah adalah rumah kedua". Setiap hari kita datang di sekolah guna menuntut ilmu. Lingkungan sekolah sebaiknya selalu terjaga dan memiliki suasana yang elok dipandang. Dengan demikian, kita dapat lebih berkonsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar.     Saya termasuk salah satu bagian keluarga di sekolah ingin agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap peserta didik semestinya sudah mempunyai sikap disiplin tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap peserta didik sudah memiliki jadwal piket. Sudah sepatutnya teman-teman selalu datang lebih awal untuk membersihkan kelas terlebih dahulu. Ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas sudah bersih dan nyaman untuk kita tempati. Kita seharusnya menyadari bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan tertentu. Kita harus bisa tertib membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.     Bapak, Ibu guru, serta teman-teman yang berbahagia,     Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, mampu menyadarkan kita untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Oleh karena itu, kebersihan perlu dijaga.     Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kebersihan lingkungan di sekolah kita. Apabila terdapat kesalahan kata dan kalimat, mohon dimaafkan. Sekali lagi, mari kita selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Terima kasih atas perhatian Bapak, serta teman-teman. (Disadur dari: https://rumusrumus.com/pidato-singkat-tentang-kebersihan, diunduh 28 Januari 2020) a. Termasuk jenis apakah teks ceramah yang Anda baca tersebut? b. Apakah ceramah tersebut menginformasikan topik yang dapat memperluas pengetahuan? Coba jelaskan! c. Apa tujuan ceramah tersebut?

Pertanyaan

Bacalah teks ceramah berikut!


    Bapak/lbu guru yang saya hormati,

    Teman-teman yang saya sayangi,

    Marilah kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha kuasa. Atas berkat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini dalam keadaan sehat. Bapak/lbu guru serta ternan-teman yang berbahagia,

    Pada hari yang cerah ini, saya akan-mencoba mengemukakan permasalahan lingkungan di sekolah kita. Kita tahu bahwa lingkungan sekolah di sekitar telah menjadi cerminan budaya sekolah ini. Sangat disayangkan jika lingkungan ini terlihat tidak elok dipandang atau tidak nyaman lagi. Ada pepatah mengatakan "sekolah adalah rumah kedua". Setiap hari kita datang di sekolah guna menuntut ilmu. Lingkungan sekolah sebaiknya selalu terjaga dan memiliki suasana yang elok dipandang. Dengan demikian, kita dapat lebih berkonsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar.

    Saya termasuk salah satu bagian keluarga di sekolah ingin agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap peserta didik semestinya sudah mempunyai sikap disiplin tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap peserta didik sudah memiliki jadwal piket. Sudah sepatutnya teman-teman selalu datang lebih awal untuk membersihkan kelas terlebih dahulu. Ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas sudah bersih dan nyaman untuk kita tempati. Kita seharusnya menyadari bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan tertentu. Kita harus bisa tertib membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.

    Bapak, Ibu guru, serta teman-teman yang berbahagia,

    Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, mampu menyadarkan kita untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Oleh karena itu, kebersihan perlu dijaga.

    Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kebersihan lingkungan di sekolah kita. Apabila terdapat kesalahan kata dan kalimat, mohon dimaafkan. Sekali lagi, mari kita selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Terima kasih atas perhatian Bapak, serta teman-teman.

(Disadur dari: https://rumusrumus.com/pidato-singkat-tentang-kebersihan, diunduh 28 Januari 2020)


a. Termasuk jenis apakah teks ceramah yang Anda baca tersebut?

b. Apakah ceramah tersebut menginformasikan topik yang dapat memperluas pengetahuan? Coba jelaskan!

c. Apa tujuan ceramah tersebut?undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum oleh ahli suatu bidang tertentu yang berisi informasi atau pengetahuan dalam situasi tertentu untuk tujuan tertentu dan disampaikan kepada pendengar tertentu. 

a. Jenis ceramah 

Berdasarkan tujuan ceramah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ceramah umum dan ceramah khusus. Ceramah umum adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasihat kepada khalayak umum atau masyarakat luas. Ceramah khusus adalah ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasihat-nasihat kepada audiensi atau khalayak tertentu dan bersifat khusus secara materi. Pada teks ini, tujuan ceramah dapat dilihat pada paragraf pertama kalimat kedua, yakni "saya akan mencoba mengemukakan permasalah di sekolah kita." Kata kunci sekolah kita menunjukkan bahwa topik dan audiens dari ceramah ini khusus, maka ceramah ini dikategorikan sebagai ceramah khusus.

b. Keberadaan informasi dalam ceramah

Salah satu ciri-ciri ceramah adalah menginformasikan topik yang dapat memperluas pengetahuan. Pada bagian isi teks ceramah ini ditemukan sejumlah kalimat yang menginformasikan bagaimana cara siswa menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Dari paragraf isi ini, ditunjukkan pentingnya kebersihan terutama di lingkungan sekolah.

c. Tujuan ceramah 

Tujuan ceramah adalah memberikan informasi tentang suatu hal atau pengetahuan kepada pendengarnya. Pada teks ini, tujuan ceramah dapat ditemukan di bagian pembuka dan bagian penutup. Secara lebih jelas, tujuan ceramah pada teks ini ditemukan di paragraf penutup kalimat pertama, yakni "...saya ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kebersihan di lingkungan sekolah kita."

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa

  • Jenis ceramah tersebut merupakan ceramah khusus
  • Dalam ceramah tersebut menjelaskan tentang pentingnya kebersihan, terutama kebersihan lingkungan sekolah.undefined 
  • Tujuan ceramah tersebut adalah memberikan informasi tentang kebersihan lingkungan sekolah. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tujuan yang hendak dicapai dalam teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks ceramah berisi informasi penting yang berkaitan dengan permasalahan aktual di lingkungan. Tujuan utama dari ceramah ialah mendidik dan memberi pengetahuan baru. Pada teks ceramah tersebut memuat informasi yang bertujuan mendidik dan mengimbau khalayak agar lebih selektif lagi memilah informasi agar tidak terprovokasi oleh berita-berita yang belum tentu benar di tengah pelaksanaan pesta demokrasi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space  

0

Roboguru

Jenis ceramah yang bertujuan untuk menyampaikan informasi agar orang menjadi tahu tentang sesuatu adalah ceramah...

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah jenis teks yang disampaikan oleh seorang pembicara berisi penyampaian informasi berupa pemberitahuan, pengetahuan, maupun nasihat di depan publik mengenai suatu hal yang bersifat aktual.

Ceramah dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Ceramah informatif: bertujuan menyampaikan suatu informasi agar orang menjadi tahu tentang sesuatu.
  2. Ceramah persuasif: bertujuan memengaruhi atau membujuk orang lain agar melakukan apa yang disarankan.
  3. Ceramah rekreatif: bertujuan menghibur orang lain dengan apa yang disampaikan oleh pembicara.

Maka, ceramah yang bertujuan untuk menyampaikan informasi agar orang menjadi tahu tentang sesuatu adalah ceramah informatif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Pidato yang diberikan oleh seseorang diharapkan untuk mendengar pidato itu tentang sesuatu, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum oleh ahli suatu bidang tertentu yang berisi informasi atau pengetahuan dalam situasi tertentu untuk tujuan tertentu dan disampaikan kepada pendengar tertentu. 

Berdasarkan tujuan ceramah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ceramah umum dan ceramah khusus. Ceramah umum adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasihat kepada khalayak umum atau masyarakat luas. Ceramah khusus adalah ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasihat-nasihat kepada audiensi atau khalayak tertentu dan bersifat khusus secara materi. Salah satu jenis ceramah khusus adalah khotbah. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) khotbah adalah pidato (terutama yang menguraikan ajaran agama).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Jenis ceramah yang bertujuan untuk membujuk atau memengaruhi orang lain agar mau menerima ajakan yang disarankan secara sukarela adalah ceramah ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar.

Teks ceramah dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Ceramah informatif, yaitu ceramah yang bertujuan menyampaikan berita atau informasi kepada audiens atau pendengar. 
  2. Ceramah persuasif, yaitu ceramah yang bertujuan menyampaikan informasi agar dapat mengajak serta memengaruhi pendengar.
  3. Ceramah rekreatif, yaitu ceramah yang bertujuan menghibur pendengar.
  4. Ceramah edukatif, yaitu ceramah yang bertujuan untuk mendidik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa jenis ceramah yang bertujuan untuk membujuk atau memengaruhi orang lain agar mau menerima ajakan yang disarankan secara sukarela adalah ceramah persuasif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan jenis teks ceramah!

Pembahasan Soal:

Ceramah dapat dibedakan menjadi dua jenis tujuan, yaitu ceramah umum dan ceramah khusus. Ceramah umum adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasihat kepada khalayak umum atau masyarakat luas. Ceramah umum bersifat menyeluruh, tidak ada batasan-batasan apa pun baik dari audiensi yang tua maupun muda, materinya tidak ditentukan, dan sesuai dengan acara. Ceramah khusus adalah ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasihat-nasihat kepada audiensi atau khalayak tertentu dan bersifat khusus secara materi. Ceramah khusus mempunyai batasan-batasan yang dibuat mulai dari audiensi yang sesuai dengan yang diinginkan dan materi yang menyesuaikan dengan keadaan.space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved