Roboguru

Bacalah teks biografi berikut!     Bersama Grup Musik Kiai Kanjeng, Cak Nun berkeliiing ke berbagai wilayah Nusantara rata-rata 10-15 kali perbuIan. Acara massal tersebut umumnya dilakukan di area luar gedung. Di samping itu, bersama Forum Komunitas Masyarakat Padang Bulan, ia aktif mengadakan pertemuan sosial. Ia melakukan berbagai dekonstruksi pemahaman atas nilai-nilai, pola-pola komunikasi, metode perhubungan kultural, pendidikan cara berpikir, serta pengupayaan solusi-solusi masalah masyarakat.     Cak Nun selalu berusaha meluruskan berbagai salah paham mengenai suatu hal, baik kesalahan makna etimologi maupun makna kontekstual. Salah satunya mengenai dakwah. Menurutnya, sudah tidak ada parameter siapa yang pantas dan tidak untuk berdakwah. "Dakwah yang utama bukan dengan kata-kata, melainkan dengan perilaku. Orang yang berbuat baik sudah berdakwah," katanya. (Disadur dari: http://www. tokohindonesia.com/biografi/article/286-direktori/1140-kyai-kanjeng-sang·pelayan, diunduh 4 April 2016) Keteladanan dari tokoh Cak Nun adalah….

Pertanyaan

Bacalah teks biografi berikut!


    Bersama Grup Musik Kiai Kanjeng, Cak Nun berkeliiing ke berbagai wilayah Nusantara rata-rata 10-15 kali perbuIan. Acara massal tersebut umumnya dilakukan di area luar gedung. Di samping itu, bersama Forum Komunitas Masyarakat Padang Bulan, ia aktif mengadakan pertemuan sosial. Ia melakukan berbagai dekonstruksi pemahaman atas nilai-nilai, pola-pola komunikasi, metode perhubungan kultural, pendidikan cara berpikir, serta pengupayaan solusi-solusi masalah masyarakat. 
   Cak Nun selalu berusaha meluruskan berbagai salah paham mengenai suatu hal, baik kesalahan makna etimologi maupun makna kontekstual. Salah satunya mengenai dakwah. Menurutnya, sudah tidak ada parameter siapa yang pantas dan tidak untuk berdakwah. "Dakwah yang utama bukan dengan kata-kata, melainkan dengan perilaku. Orang yang berbuat baik sudah berdakwah," katanya.

(Disadur dari: http://www. tokohindonesia.com/biografi/article/286-direktori/1140-kyai-kanjeng-sang·pelayan, diunduh 4 April 2016)


Keteladanan dari tokoh Cak Nun adalah….undefined 
 

  1. Cak Nun berusaha. meluruskan bahwa dakwah yang utama adalah perilaku, bukan kata-kata.undefined

  2. Cak Nun bersama Grup Musik Kiai Kanjeng berkeliling ke.berbagai wilayah Nusantara.undefined

  3. Cak Nun berdakwah ke berbagai wilayah Nusantara rata-rata 10-15 kali per bulan.undefined

  4. Cak Nun membentuk Forum Komunitas Masyarakat Padang Bulah dengan tujuan sosial.undefined
     

  5. Cak Nun tidak pernah berdakwah, tetapi ia berperilaku baik.undefined

Pembahasan Soal:

Menurut Cak Nun sudah tidak ada parameter siapa yang pantas dan tidak untuk berdakwah. "Dakwah yang utama bukan dengan kata-kata, melainkan dengan perilaku. Orang yang berbuat baik sudah berdakwah," , kata-katanya patut diteladani.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved