RoboguruRoboguru
SD

Bacalah teks berikut!     Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri atas sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, semacam batu kapur. Binatang karang terlihat seperti tanaman, padahal sebenarnya karang merupakan sekumpulan hewan-hewan kecil yang bernama polip. Terdapat dua macam karang, yakni karang keras dan karang lunak. Karang keras hidup bersimbiosis dengan alga bernama zooxanthellae. Karang jenis ini hidup di perairan dangkal. Di perairan dangkal sinar matahari bisa menembus dengan baik karena zooxanthellae memperoleh energi dengan proses fotosintesis . Karang keras membentuk struktur terumbu dan memiliki tubuh yang keras seperti batu. Karang lunak tidak bersimbiosis dengan alga, bentuknya  seperti tanaman. Karang jenis ini bisa hidup di perairan dangkal maupun perairan yang lebih dalam.      Polip merupakan, binatang  kecil yang menyerupai karung. Di bibir tubuhnya memiliki tentakel untuk menarik dan menangkap mangsa. Makanan polip adalah plankton yang terbawa arus laut. Polip menyerap kalsium karbonat dari air laut dan mengeluarkannya dalam bentuk struktur kapur yang keras untuk melindungi tubuhnya yang lunak.    Ekosistem terumbu karang merupakan habitat hidup sejumlah spesies binatang laut, tempat pemijahan, peneluran, dan pembesaran anak-anak ikan. Dalam ekosistem ini terdapat banyak makanan bagi ikan-ikan kecil dan ikan-ikan kecil tersebut merupakan mangsa bagi predator  yang lebih besar. Ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut. Terumbu karang bersama-sama hutan mangrove merupakan ekosistem penting yang menjadi gudang keanekaragaman hayati di laut. Dari sisi keanekaragaman hayati, terumbu karang disebut-sebut sebagai hutan tropis di lautan. (Disadur dari: https://jurnalbumi.com/knol/terumbu-karang/, diunduh 12 September 2018) Kalimat deskripsi ditunjukkan oleh kalimat….

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


    Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri atas sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, semacam batu kapur. Binatang karang terlihat seperti tanaman, padahal sebenarnya karang merupakan sekumpulan hewan-hewan kecil yang bernama polip. Terdapat dua macam karang, yakni karang keras dan karang lunak. Karang keras hidup bersimbiosis dengan alga bernama zooxanthellae. Karang jenis ini hidup di perairan dangkal. Di perairan dangkal sinar matahari bisa menembus dengan baik karena zooxanthellae memperoleh energi dengan proses fotosintesis . Karang keras membentuk struktur terumbu dan memiliki tubuh yang keras seperti batu. Karang lunak tidak bersimbiosis dengan alga, bentuknya  seperti tanaman. Karang jenis ini bisa hidup di perairan dangkal maupun perairan yang lebih dalam.

     Polip merupakan, binatang  kecil yang menyerupai karung. Di bibir tubuhnya memiliki tentakel untuk menarik dan menangkap mangsa. Makanan polip adalah plankton yang terbawa arus laut. Polip menyerap kalsium karbonat dari air laut dan mengeluarkannya dalam bentuk struktur kapur yang keras untuk melindungi tubuhnya yang lunak. 

  Ekosistem terumbu karang merupakan habitat hidup sejumlah spesies binatang laut, tempat pemijahan, peneluran, dan pembesaran anak-anak ikan. Dalam ekosistem ini terdapat banyak makanan bagi ikan-ikan kecil dan ikan-ikan kecil tersebut merupakan mangsa bagi predator  yang lebih besar. Ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut. Terumbu karang bersama-sama hutan mangrove merupakan ekosistem penting yang menjadi gudang keanekaragaman hayati di laut. Dari sisi keanekaragaman hayati, terumbu karang disebut-sebut sebagai hutan tropis di lautan.

(Disadur dari: https://jurnalbumi.com/knol/terumbu-karang/, diunduh 12 September 2018)


Kalimat deskripsi ditunjukkan oleh kalimat….undefined 

  1. Karang merupakan sekumpulan hewan-hewan kecil yang bemama polip.undefined 

  2. Karang keras membentuk struktur terumbu dan memiliki tubuh yang keras seperti batu.undefined 

  3. Terumbu karang merupakan ekosistem penting yang menjadi gudang keanekaragaman hayati di laut.undefined 

  4. Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri atas sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, semacam batu kapur.undefined 

  5. Ekosistem terumbu karang merupakan habitat hidup sejumlah spesies binatang laut, tempat pemijahan, peneluran, dan pembesaran anak-anak ikan.undefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan

Salah satu ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah menggunakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi. kalimat definisi biasanya menggunakan kata adalah, merupakan, yaitu, dan yakni. Kalimat deskripsi berupa penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Pilihan jawaban A, C, D, dan E termasuk kalimat definisi karena menggunakan kata adalah dan merupakan. Pilihan jawaban B benar karena berupa mendeskripsikan karang keras yang membentuk struktur terumbu dan memiliki tubuh keras seperti batu. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pengertian dari kalimat definisi adalah ....

495

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia