Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut! Petunjuk Membuat Topeng Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti kertas koran, kertaskarton, dan cat air. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu guntinglah kertas koran berukuran kecil, lalu tempelkan potongan kertas pada bentuk dasar wajah topeng. Gunting sekeliling sketsa sesuai garis yang telah dibuat. Sebelumnya , tempelkan kembali guntingan kertas koran ke seluruh bagian wajah topeng sehingga topeng menjadi lebih keras. Tempeli bagian-bagian wajah di topeng dengan potongan kertas koran. Buatlah bagian-bagian wajah topeng, seperti alis, hidung, pelipis, dan mulut dengan teknik melipat, menggunting, dan menempel. Buatlah sketsa dasar wajah berbentuk oval pada sehelai kertas karton. Lipatlah dan tekuk sketsa dasar wajah berbentuk ovaltersebut. Selanjutnya, wajah topeng diberi warna dengan cat air, cat untuk poster, atau cat kayu. Perbaikan yang tepat kata bercetak miring pada teks di atas adalah ....

Bacalah teks berikut!

Petunjuk Membuat Topeng

Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti kertas koran, kertas karton, dan cat air. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu guntinglah kertas koran berukuran kecil, lalu tempelkan potongan kertas pada bentuk dasar wajah topeng. Gunting sekeliling sketsa sesuai garis yang telah dibuat. Sebelumnya, tempelkan kembali guntingan kertas koran ke seluruh bagian wajah topeng sehingga topeng menjadi lebih keras. Tempeli bagian-bagian wajah di topeng dengan potongan kertas koran. Buatlah bagian-bagian wajah topeng, seperti alis, hidung, pelipis, dan mulut dengan teknik melipat, menggunting, dan menempel. Buatlah sketsa dasar wajah berbentuk oval pada sehelai kertas karton. Lipatlah dan tekuk sketsa dasar wajah berbentuk oval tersebut. Selanjutnya, wajah topeng diberi warna dengan cat air, cat untuk poster, atau cat kayu.

Perbaikan yang tepat kata bercetak miring pada teks di atas adalah ....   

  1. setelah itu undefined  

  2. dengan demikian undefined  

  3. oleh karena itu undefined  

  4. seharusnya undefined  

  5. lebih dahulu undefined  

Iklan

D. Zharva

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konjungsi temporal yang tepat untuk menggantikan kata bercetak miring di atas adalah setelah itu . Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

konjungsi temporal yang tepat untuk menggantikan kata bercetak miring di atas adalah setelah itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Kata bercetak miring di atas dapat diperbaiki menggunakan konjungsi temporal yang menunjukkan penghubung kata untuk langkah selanjutnya. Konjungsi temporal adalah konjungsi atau kata penghubung yang menerangkan hubungan waktu dari dua hal atau peristiwa yang berbeda. Contoh konjungsi temporal antara lain selanjutnya, setelah itu, sebelum, kemudian, lalu, saat, dan lain sebagainya. Dengan demikian, konjungsi temporal yang tepat untuk menggantikan kata bercetak miring di atas adalah setelah itu . Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Kata bercetak miring di atas dapat diperbaiki menggunakan konjungsi temporal yang menunjukkan penghubung kata untuk langkah selanjutnya. Konjungsi temporal adalah konjungsi atau kata penghubung yang menerangkan hubungan waktu dari dua hal atau peristiwa yang berbeda. Contoh konjungsi temporal antara lain selanjutnya, setelah itu, sebelum, kemudian, lalu, saat, dan lain sebagainya. Dengan demikian, konjungsi temporal yang tepat untuk menggantikan kata bercetak miring di atas adalah setelah itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

184

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! Cara Membuat Jamu Beras Kencur Cuci beras, lalu rendam selama satu jam. Setelah itu, tiriskan beras tersebut. Rebus asam jawa, gula pasir, gula merah, dan jahe den...

244

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia