Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal!


    Setelah diangkat sebagai wakil presiden, para petinggi yang baru dilantik memberikan selamat. Wakil Presiden B. J. Habibie tidak hanya berjabat tangan, tetapi juga mencium pipi kiri dan pipi kanan beberapa pria petinggi. Tidak segan-segan, wakil presiden melakukannya, merangkul, serta mencium.Pada setiap acara, tampak bibir beliau bergerak-gerak, jelas membaca doa. Hal itu terus berlangsung kepada rnereka yang berkunjung. Terlihat begitu santun, beliau juga bersalaman dengan meletakkan kedua belah tangan beliau ke dada. Saya sendiri terharu melihat keakraban, keramah-tamahan ini benar tanpa beban protokoler.

    Bagi seorang yang cukup lama bermukim di Eropa, pergaulan intemasional di antara para ilmuwan, begitu juga sebagai menteri selama beberapa periode, tetap saja masih kental melekat pada B.J. Habibie sebagai orang Bugis. Bahkan, ada yang mengatakan "Kemelayu- melayuannya masih sangat kental", sedangkan cukup banyak orang Indonesia yang hanya beberapa bulan di luar negeri, sekembalinya amat berubah, disebut Barat bukan, Timur pun tidak.


Hal yang patut diteladani dari B. J. Habibie sesuai dengan teks tersebut adalah ....undefined

  1. B. J. Habibie cukup lama bermukim di Eropa dan menjadi menteri selama beberapa periodeundefined

  2. B. J. Habibie sangat teguh memegang budaya sebagai orang Timur

  3. kecerdasannya dalam menempuh pendidikan di Jermanundefined

  4. keberhasilannya meraih jabatan wakil presidenundefined

  5. B. J. Habibie pernah bermukim lama di Jerman dan memegang jabatan penting di perusahaan penerbangan.undefined

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Seorang tokoh yang riwayat hidupnya disusun dalam sebuah buku (biografi) tentu karena ia memiliki kelebihan atau keistimewaan. Kelebihan tersebut dapat berupa akhlak/budi pekertinya, sumbangan pemikiran, temuan, jasa besar, kekuasaan, karya, atau keunikannya. Kelebihan-kelebihan tersebut patut dijadikan model atau teladan oleh orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang patut diteladani dari B. J. Habibie sesuai dengan teks tersebut adalah B. J. Habibie sangat teguh memegang budaya sebagai orang Timur. Sikap tersebut tergambar dari perilakunya yang tidak segan berjabat tangan, mencium pipi kiri dan pipi kanan beberapa pria petinggi yang memberikan ucapa selamat ketika dilantik menjadi wakil presiden.

Maka, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

79

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks biografi berikut!     Bersama Grup Musik Kiai Kanjeng, Cak Nun berkeliiing ke berbagai wilayah Nusantara rata-rata 10-15 kali perbuIan. Acara massal tersebut umumnya dilakukan di area l...

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia