Roboguru

Bacalah teks berikut!     Garis pantai merupakan garis yang membagi daratan dari lautan. Garis pantai merupakan lingkungan geologi yang unik komposisinya dan mengalami proses fisik yang memengaruhi pembentukan pantai. Dari beberapa jenis pantai, yaitu pantai berpasir, kerikil, dan berlumpur, yang termasuk jenis pantai labil adalah pantai yang berpasir dan berlumpur. Faktor yang memengaruhi perubahan garis pantai tersebut adalah pengaruh gelombang, arus, pasang surut, dan angin yang menghantam pantai tersebut secara terus-menerus. Hantaman angin yang terus menerus tersebut pada akhirnya menyebabkan perubahan profil pantai.     Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan garis pantai, antara lain gelombang, sifat bagian daratan yang mendapat pengaruh proses-proses marin, perubaban relatif ketinggian muka laut, sebab alami yang lain, dan pengaruh manusia. Gelombang laut merupakan faktor utama pengikis daratan pantai. Namun, pengikisan garis pantai juga dipengaruhi oleh jenis batuan dan daya tahan batuan, struktur batuan, stabilitas pantai, kedalaman laut di depan pantai, serta sedikit dan besarnya materi-materi pengikis gelombang.      Secara alami, pantai berfungsi sebagai pertahanan alami (natural coastal defence) terhadap hempasan gelombang. Akumulasi sedimen di pantai menyerap dan memantulkan energi yang berasal dari gelombang.  Apabila seluruh energi gelombang terserap, pantai dalam kondisi seimbang. Sebaliknya, jika pantai berada pada kondisi tidak seimbang, muncul proses eroasi dan akresi pantai yang selanjutnya menyebabkan kerusakan garis pantai. (Disadur dari: Nurin Hidayati, Dinamika Pantai, Malang, UB Press, 2017) Isi teks laporan hasil observasi tersebut membahas ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


    Garis pantai merupakan garis yang membagi daratan dari lautan. Garis pantai merupakan lingkungan geologi yang unik komposisinya dan mengalami proses fisik yang memengaruhi pembentukan pantai. Dari beberapa jenis pantai, yaitu pantai berpasir, kerikil, dan berlumpur, yang termasuk jenis pantai labil adalah pantai yang berpasir dan berlumpur. Faktor yang memengaruhi perubahan garis pantai tersebut adalah pengaruh gelombang, arus, pasang surut, dan angin yang menghantam pantai tersebut secara terus-menerus. Hantaman angin yang terus menerus tersebut pada akhirnya menyebabkan perubahan profil pantai.

    Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan garis pantai, antara lain gelombang, sifat bagian daratan yang mendapat pengaruh proses-proses marin, perubaban relatif ketinggian muka laut, sebab alami yang lain, dan pengaruh manusia. Gelombang laut merupakan faktor utama pengikis daratan pantai. Namun, pengikisan garis pantai juga dipengaruhi oleh jenis batuan dan daya tahan batuan, struktur batuan, stabilitas pantai, kedalaman laut di depan pantai, serta sedikit dan besarnya materi-materi pengikis gelombang. 

    Secara alami, pantai berfungsi sebagai pertahanan alami (natural coastal defence) terhadap hempasan gelombang. Akumulasi sedimen di pantai menyerap dan memantulkan energi yang berasal dari gelombang.  Apabila seluruh energi gelombang terserap, pantai dalam kondisi seimbang. Sebaliknya, jika pantai berada pada kondisi tidak seimbang, muncul proses eroasi dan akresi pantai yang selanjutnya menyebabkan kerusakan garis pantai.

(Disadur dari: Nurin Hidayati, Dinamika Pantai, Malang, UB Press, 2017)


Isi teks laporan hasil observasi tersebut membahas ....space 
 

  1. garis pantaispace 

  2. batas garis pantaispace 

  3. fungsi garis pantaispace 

  4. proses terjadinya garis pantaispace 

  5. definisi dan deskripsi garis pantaispace 

Pembahasan Soal:

Isi teks laporan hasil observasi tersebut membahas tentang garis pantai dengan strukturdefinisi umum dan deskripsi bagian bersama penjelasan batas garis pantai, fungsi garis pantai, dan proses terjadinya garis pantai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan kepada siswa SMA Indonesia Raya saat mereka mengikuti upacara bendera, semua siswa memakai sepatu hitam dan kaos kaki putih. Pakaian mereka putih-putih dan kemeja...

0

Roboguru

Paragraf yang tidak memiliki kalimat utama adalah paragraf ....

1

Roboguru

Berikut ini termasuk dalam ciri-ciri paragraf induktif, yaitu ....

0

Roboguru

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

0

Roboguru

Penggalan tersebut termasuk jenis laporan....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved