RoboguruRoboguru
SD

Bacalah teks berikut dengan teliti, kemudian cermati makna yang ada di dalamnya! Lebai Malang     Cerita ini berkisah tentang seorang guru agama yang bernama Lebai. Laki-laki yang sering dipanggil Pak Lebai ini hidup di sebuah desa di Sumatera Barat. Desa itu terletak di tepi sungai. Pada suatu hari ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga. Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan.     Pak Lebai mempertimbangkan untung dan rugi kedua undangan tersebut. Akan tetapi, ia tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat apakah ia akan datang ke desa hulu sungai atau ke desa hilir sungai. Kalau ia pergi ke pesta di desa hulu sungai, ia akan mendapat dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke pesta di desa hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Menurut informasi, masakan orang-orang di desa hulu sungai tidak seenak orang di hilir sungai.     Pada mulanya, Pak Lebai mengayuh perahunya menuju desa hulu sungai. Kemudian, di tengah perjalanan, Pak Lebai berubah pikiran. Ia berbalik mendayung perahunya menuju desa hilir sungai. Ketika ia hampir sampai di desa hilir sungai, dilihatnya beberapa tamu menuju desa hulu sungai. Tamu tersebut mengatakan bahwa kerbau yang disembelih di sana sangat kurus. Setelah mendengar apa yang disampaikan tamu tersebut, Pak Lebai pun mengubah haluan perahunya menuju desa hulu sungai. Sesampainya di tepi desa hulu sungai, para tamu sudah beranjak pulang. Pesta di sana sudah selesai.     Pak Lebai cepat-cepat mengayuh perahunya menuju desa hilir sungai. Ia berharap pesta di sana belum selesai. Sayangnya, pesta di desa hilir sungai pun sudah selesai. Akhirnya, Pak Lebai tidak mendapat kepala kerbau yang diinginkannya. (Diolah dari sumber: Ny. S.D.B. Aman, ”Lebai Malang,” Folk Tales from Indonesia, Jakarta: Djambatan, 1976, 15-19) Setelah kamu membaca dan memahami makna teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut! Dapatkah kamu menentukan jenis teks “Lebai Malang” itu?

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan teliti, kemudian cermati makna yang ada di dalamnya!


Lebai Malang


    Cerita ini berkisah tentang seorang guru agama yang bernama Lebai. Laki-laki yang sering dipanggil Pak Lebai ini hidup di sebuah desa di Sumatera Barat. Desa itu
terletak di tepi sungai. Pada suatu hari ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga. Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan.

    Pak Lebai mempertimbangkan untung dan rugi kedua undangan tersebut. Akan tetapi, ia tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat apakah ia akan datang ke desa hulu sungai atau ke desa hilir sungai. Kalau ia pergi ke pesta di desa hulu sungai, ia akan mendapat dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke pesta di desa hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Menurut informasi, masakan orang-orang di desa hulu sungai tidak seenak orang di hilir sungai.

    Pada mulanya, Pak Lebai mengayuh perahunya menuju desa hulu sungai. Kemudian, di tengah perjalanan, Pak Lebai berubah pikiran. Ia berbalik mendayung perahunya menuju desa hilir sungai. Ketika ia hampir sampai di desa hilir sungai, dilihatnya beberapa tamu menuju desa hulu sungai. Tamu tersebut mengatakan bahwa kerbau yang disembelih di sana sangat kurus. Setelah mendengar apa yang disampaikan tamu tersebut, Pak Lebai pun mengubah haluan perahunya menuju desa hulu sungai. Sesampainya di tepi desa hulu sungai, para tamu sudah beranjak pulang. Pesta di sana sudah selesai.

    Pak Lebai cepat-cepat mengayuh perahunya menuju desa hilir sungai. Ia berharap pesta di sana belum selesai. Sayangnya, pesta di desa hilir sungai pun sudah selesai. Akhirnya, Pak Lebai tidak mendapat kepala kerbau yang diinginkannya.

(Diolah dari sumber: Ny. S.D.B. Aman, ”Lebai Malang,” Folk Tales from Indonesia, Jakarta: Djambatan, 1976, 15-19)


Setelah kamu membaca dan memahami makna teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

Dapatkah kamu menentukan jenis teks “Lebai Malang” itu? 

  1. ... 

  2. ... 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teks “Lebai Malang” termasuk dalam jenis teks cerita pendek (cerpen). undefined 

Pembahasan

Teks “Lebai Malang” adalah teks yang bercerita tentang seorang tokoh bernama Pak Lebai yang mendapat dua undangan pesta pada waktu yang bersamaan yaitu di desa hulu sungai dan desa hilir sungai. Pak Lebai pun kebingungan untuk memilih pesta mana yang akan dihadirinya. Pada hari diadakan pesta Pak Lebai memutuskan untuk pergi ke desa hulu sungai tetapi di tengah perjalanan Pak Lebai berubah pikiran dan memutuskan pergi ke desa hilir sungai. Di tengah perjalanan Pak Lebai terus berubah pikiran untuk pergi ke desa yang mana, sampai akhirnya waktunya habis di perjalanan dan pesta di dua desa itu pun sudah selesai.

Berdasarkan cerita “Lebai Malang” tersebut dapat disimpulkan bahwa teks “Lebai Malang” memiliki unsur tema cerita, penokohan, latar (setting), alur, dan amanat yang mana unsur-unsur tersebut adalah unsur pembentuk teks cerita pendek (cerpen).

Dengan demikian, teks “Lebai Malang” termasuk dalam jenis teks cerita pendek (cerpen). undefined 

124

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut, kemudian jawablah pertanyaannya! Rumah Kecil Di Bukit Sunyi     Di atas bangku bambu reyot, Pak Kerto meluruskan kedua kakinya. Beberapa saat kemudian, ia beranjak dari bangk...

88

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia