Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama! Tercatat 70% tanah di Jakarta bahkan sudah tercemar air limbah. Sungai Ciliwung tak luput dari pencemaran limbah. Akibat pencemaran limbah ini aliran air di sepanjang Ciliwung tercemar bakteri E. Coli jauh di atas ambang normal dan warna air sudah berubah menjadi cokelat dan hitam. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila kemudian harga air di Jakarta menjadi mahal Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Tercatat 70% tanah di Jakarta bahkan sudah tercemar air limbah. Sungai Ciliwung tak luput dari pencemaran limbah. Akibat pencemaran limbah ini aliran air di sepanjang Ciliwung tercemar bakteri E. Coli jauh di atas ambang normal dan warna air sudah berubah menjadi cokelat dan hitam. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila kemudian harga air di Jakarta menjadi mahal

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

  1. Tercatat 70% tanah di DKI Jakarta tercemar limbah.

  2. Harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar.

  3. Baik air tanah maupun air sungai tercemar bakteri berbahaya

  4. Air tanah di Jakarta tidak layak minum.

Iklan

A. Tyas

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

” pada kalimat terakhir teks tersebut, yang merupakan penanda kesimpulan.

” pada kalimat terakhir teks tersebut, yang merupakan penanda kesimpulan.

Iklan

Pembahasan

Simpulan artinya sesuatu yang disimpulkan, hasil menyimpulkan, kesimpulan. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya), atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif. Simpulan dalam teks tersebut adalah B. Harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar. Dari beberapa data yang terdapat dalam tabel, kita dapat menyimpulkan bahwa harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar. Hal tersebut diperkuat dengan adanya kata “Oleh karena itu” pada kalimat terakhir teks tersebut, yang merupakan penanda kesimpulan.

Simpulan artinya sesuatu yang disimpulkan, hasil menyimpulkan, kesimpulan. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya), atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif.

Simpulan dalam teks tersebut adalah B. Harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar. Dari beberapa data yang terdapat dalam tabel, kita dapat menyimpulkan bahwa harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar. Hal tersebut diperkuat dengan adanya kata “Oleh karena itu” pada kalimat terakhir teks tersebut, yang merupakan penanda kesimpulan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

200

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah ringkasan teks eksplanasi tersebut!

9

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia