Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

 

    "Ada apa, Ping?"

    "Kurasa Vino salah paham sampai marah terhadapmu, Bel. Pasti yang dia pergoki waktu itu adalah aku dan Kenny. Dia bilang anak metal karena Kenny rambutnya agak gondrong. lya, kan?' Pingkan berkata dengan suara yang menggebu-gebu.

     Bella terdiam sejenak. Sedetik kemudian... "Oh, iya! Kamu betul Ping. Dia memang nggak tahu kaJau aku punya saudara kembar, "ucap Bella sambil menepuk jidatnya yang luas. Giliran Pingkan yang merajuk.

    "Kamu jahat Bel Masa nggak karnu akui saudara kembarmu!"

    "Sory Ping Habis aku takut kalau nanti kamu kecantol ama dia," jawab Bella sambil tersipu.


Peristiwa yang terjadi pada penggalan cerpen tersebut termasuk pada bagian. . .  .undefined

  1. abstraksiundefined

  2. orientasiundefined

  3. komplikasiundefined

  4. evaluasiundefined

  5. resolusiundefined

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan

Struktur dalam cerita pendek adalah sebagai berikut.

  1. Orientasi,
    Bagian ini memperkenalkan setting atau latar cerita baik dalam segi waktu, tempat maupun peristiwa. Orientasi juga dapat mulai memperkenalkan tokoh, menata berbagai adegan dan menjelaskan hubungan antartokoh.
  2. Komplikasi,
    Merupakan bagian berbagai konflik mulai muncul. Konflik dapat berupa masalah, pertentangan atau kesukaran-kesukaran bagi tokoh utama mulai diperlihatkan. Bagian ini menjelaskan bagaimana sebab-akibat konflik yang terjadi antartokoh.
  3. Pencapaian konflik,
    Berbagai masalah, peristiwa menantang, pertentangan atau kesukaran-kesukaran tokoh terus berkembang dan hampir mencapai puncaknya.
  4. Puncak konflik,
    Konflik sering disebut juga sebagai klimaks. Ini adalah bagian puncak dari konflik. Bagian cerita yang paling mendebarkan dan permasalahan mencapai batasnya. Bagian ini juga akan menentukan berbagai perubahan nasib dari tokohnya, terutama tokoh protagonis dan antagonis. Biasanya, plot yang terjadi adalah keberhasilan atau justru kegagalan protagonis.
  5. Evaluasi
    Konflik atau berbagai masalah lain yang telah memuncak mulai mendapatkan pencerahan untuk jalan penyelesaiannya. Evaluasi adalah tahap ketika konflik bisa jadi diselesaikan atau justru benar-benar berhasil menghentikan keinginan atau tujuan tokoh utama.
  6. Resolusi
    Bagian ini berisi penjelasan maupun penilaian akhir cerita mengenai sikap ataupun berbagai nasib yang dialami oleh tokoh setelah mengalami peristiwa puncak sebelumnya. Bagian ini adalah akhir dari konflik atau penyelesaiannya secara utuh. Pada bagian ini juga sering dilakukan pernyataan terhadap kondisi akhir yang dialami oleh tokoh protagonis (tokoh utama).
  7. Koda (penutup, ending).
    Koda adalah penutup atau akhir dari keseluruhan isi cerita. Koda dapat berisi kesimpulan dari seluruh cerita seperti interpretasi penulis mengenai kisah yang disampaikan. Tidak semua cerita memiliki koda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Suminah teringat suara anaknya, Titin. "Ibu memang egois, apa begitu besar kesalahan saya, Bu, sampai-sampai ibu tidak bisa memaafkan saya," lanjut Titin. "Titin benar", Suminah membatin. Tetapi, haru...

185

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia