Bacalah teks artikel berikut!   Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia     Menurut penelitian We Are Social, perusahaan media asal Inggris, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Menurut laporan berjudul "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World", dari total populasi Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosial mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen. Sebanyak 120 juta orang Indonesia menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet untuk mengakses media sosial, dengan penetrasi 45 persen. Dalam sepekan, aktivitas online di media sosial melalui smartphone mencapai 37 persen.     Berdasarkan aplikasi yang paling banyak diunduh, perusahaan media sosial di bawah Mark Zuckerberg mendominasi pada tiga teratas. Secara berurutan dari posisi pertama adalah WhatsApp, Facebook, instagram, dan baru diikuti media sosial buatan Korea Selatan, Line. Berdasarkan rata-rata trafik situs per bulan, Facebook menjadi media sosial paling banyak dikunjungi dengan capaian lebih dari 1 miliar juta pengunjung per bulan. Rata-rata pengunjung Facebook menghabiskan waktu 12 menit 27 detik untuk mengakses jejaring sosial tersebut. Sebesar 92 persen tnengakses Facebook via mobile dengan perbandingan persentase berdasar gender sebanyak 44 persen untuk wanita dan 56 persen adalah pengguna pria.      Pengguna Facebook didominasi golongan usia 18-24 tahun dengan persentase 20,4 persennya adalah wanita dan 24,2 persennya adalah pria. Sementara total pengguna aktif Instagram bulanan di Indonesia mencapai 53 juta dengan persentase 49 persen wanita dan 51 persen adalah pria. Hegemoni perusahaan milik Zuckerberg juga tampak dalam survei media sosial paling banyak diakses di Indonesia berdasarkan klaim pengguna.      Dirangkum Kompas Tekno dari We Are Social, YouTube menempati posisi pertama dengan persentase 43 persen, Facebook, WhatsApp, dan Instagram menempati pada posisi kedua hingga keempat secara berturut-turut. Sebanyak 41 persen pengguna media sosial Indonesia mengaku sering menggunakan Facebook, 40 persen sering menggunakan WhatsApp, dan 38 persen mengaku sering mengakses Instagram. Sementara pengguna yang mengaku sering mengakses Line sebanyak 33 persen, dan menempatkannya pada posisi kelima. Secara global, total pengguna lnternet menembus angka empat miliar pengguna. Untuk pengguna media sosialnya, naik 13 persen dengan pengguna year-on-year  mencapai 3,196 miliar.  Disadur dari: https://tekno.kompas.cornfread/201 8/03/01/10340027/ riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia, diunduh 11 Maret 2019 Tentukan arti kata-kata berikut yang terdapat pada artikel tersebut!  a. akses  b. penetrasi  c. gender  d. hegemoni

Pertanyaan

Bacalah teks artikel berikut!
 


Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia


    Menurut penelitian We Are Social, perusahaan media asal Inggris, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Menurut laporan berjudul "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World", dari total populasi Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosial mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen. Sebanyak 120 juta orang Indonesia menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet untuk mengakses media sosial, dengan penetrasi 45 persen. Dalam sepekan, aktivitas online di media sosial melalui smartphone mencapai 37 persen.
    Berdasarkan aplikasi yang paling banyak diunduh, perusahaan media sosial di bawah Mark Zuckerberg mendominasi pada tiga teratas. Secara berurutan dari posisi pertama adalah WhatsApp, Facebook, instagram, dan baru diikuti media sosial buatan Korea Selatan, Line. Berdasarkan rata-rata trafik situs per bulan, Facebook menjadi media sosial paling banyak dikunjungi dengan capaian lebih dari 1 miliar juta pengunjung per bulan. Rata-rata pengunjung Facebook menghabiskan waktu 12 menit 27 detik untuk mengakses jejaring sosial tersebut. Sebesar 92 persen tnengakses Facebook via mobile dengan perbandingan persentase berdasar gender sebanyak 44 persen untuk wanita dan 56 persen adalah pengguna pria. 
    Pengguna Facebook didominasi golongan usia 18-24 tahun dengan persentase 20,4 persennya adalah wanita dan 24,2 persennya adalah pria. Sementara total pengguna aktif Instagram bulanan di Indonesia mencapai 53 juta dengan persentase 49 persen wanita dan 51 persen adalah pria. Hegemoni perusahaan milik Zuckerberg juga tampak dalam survei media sosial paling banyak diakses di Indonesia berdasarkan klaim pengguna. 
    Dirangkum Kompas Tekno dari We Are Social, YouTube menempati posisi pertama dengan persentase 43 persen, Facebook, WhatsApp, dan Instagram menempati pada posisi kedua hingga keempat secara berturut-turut. Sebanyak 41 persen pengguna media sosial Indonesia mengaku sering menggunakan Facebook, 40 persen sering menggunakan WhatsApp, dan 38 persen mengaku sering mengakses Instagram. Sementara pengguna yang mengaku sering mengakses Line sebanyak 33 persen, dan menempatkannya pada posisi kelima. Secara global, total pengguna lnternet menembus angka empat miliar pengguna. Untuk pengguna media sosialnya, naik 13 persen dengan pengguna year-on-year  mencapai 3,196 miliar. 

Disadur dari: https://tekno.kompas.cornfread/201 8/03/01/10340027/ riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia, diunduh 11 Maret 2019



Tentukan arti kata-kata berikut yang terdapat pada artikel tersebut! 
a. akses 
b. penetrasi 
c. gender 
d. hegemonispace  
 

  1. ...undefined  

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

a. Akses: tindakan untuk memperoleh informasi.
b. Penetrasi: penembusan.
c. Gender: jenis kelamin.
d. Hegemoni: dominasi.
 

44

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Istilah untuk melengkapi paragraf tersebut ialah.…

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia