Roboguru

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Peradaban Mikenai runtuh sekitar tahun 1100 SM karena letusan Gunung Thera. SEBAB Letusan ini menghancurkan peradaban Mikenai dan memaksa eksodus besar-besaran penduduknya keluar dari wilayah Mikenai.

Pertanyaan

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut.

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Peradaban Mikenai runtuh sekitar tahun 1100 SM karena letusan Gunung Thera.

SEBAB

Letusan ini menghancurkan peradaban Mikenai dan memaksa eksodus besar-besaran penduduknya keluar dari wilayah Mikenai.

 

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pembahasan Soal:

Pernyataan pertama salah karena peradaban Mikenai runtuh sekitar tahun  1100 SM akibat invasi bangsa Doria bukan, salah satu suku bangsa besar yang membentuk peradaban Yunani Kuno.

Pernyataan kedua salah karena letusan Gunung Thera tidak menghancurkan peradaban Mikenai tetapi menghancurkan peradaban Minoa (Kreta). Letusan gunung ini bahkan disertai dengan gempa vulkanik, ada pula yang menyebutkan disertai dengan tsunami. Bencana ini menghancurkan istana penting dan pemukiman penduduk.  

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyat...

Pembahasan Soal:

Pernyataan pertama salah karena alfabet Minos tidak digunakan pada peradaban Yunani melainkan peradaban Minoa (Kreta). Alfabet yang digunakan pada peradaban Yunani disebut dengan alfabet Funisia yang dimodifikasi sehingga lahirlah alfabet Yunani.

Pernyataan kedua benar karena masyarakat pada peradaban Yunani menganggap pengenalan baca-tulis menjadi fondasi kuat bagi pesatnya perkembangan peradaban Yunani. Akibatnya filsafat, ilmu pasti, seni, ekonomi, politik, dan militer berkembang dengan cepat pada masa ini.

 

0

Roboguru

Perhatikan terlebih dahulu data berikut. 1) Membangun banyak benteng yang kuat. 2) Berkembang dari penaklukan. 3) Berkembang dari perdagangan. 4) Berkembang di daerah Peloponessia. 5) Runtuh akib...

Pembahasan Soal:

Peradaban Mikenai adalah peradaban yang berkembang sekitar 1600-1100 SM di Pelopponesia, Yunani Selatan. Berbeda dengan bangsa Minoa yang berkembang dari perdagangan, bangsa Mikenai berkembang melalui penakhlukan. Salah satu penakhlukan yang terkenal adalah penakhlukan atas kota Troya di Asia Minor. Berdasarkan pengalamannya dalam menakhlukan bangsa-bangsa lain, bangsa Mikenai kemudian menekankan pentingnya membangun benteng pertahanan yang kuat. Dinding-dinding benteng ini bahkan dibangun setinggi 12 sampai 15 meter.

0

Roboguru

Sejarah peradaban Minoa dan Mikenai banyak diketahui melalui sebuah epos terkenal Yunani karya Homerus, yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Sejarah peradaban Minoa (Kreta) dan Mikenai dapat diketahui melalui sebuah epos yang dikarang oleh Homerus yang berjudul Illiad dan Oddissei. Epos Illiad dan Oddissei menceritakan mengenai sebuah negara yang memiliki 90 kota yang indah, mengacu pada Kreta. Hal ini kemudian diperkuat dengan penemuan seorang arkeolog Inggris bernama Sir Arthur Evans tahun 1878. Epos ini juga menceritakan penakhlukan terkenal bangsa Mikenai yang kemudian dikenal sebagai Perang Troya

0

Roboguru

Meski rakyat Mikenai dikenal sebagai bangsa yang sering berperang, Peradaban Mikenai harus runtuh setelah peradaban ini diserang oleh bangsa ….

Pembahasan Soal:

Runtuhnya Peradaban Mikenai pada tahun 1100 SM disebabkan oleh adanya serangan dari bangsa Doria. Berdasarkan temuan berbagai peninggalan sejarah bangsa Doria menjadi penyebab utama jatuhnya peradaban Mikenai dan mengawali masa kegelapan di Peradaban Yunani Kuno.

Maka jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Pertempuran Ionia melibatkan negara-negara kota di daratan Yunani, seperti Athena dan Eritrea karena kedua negara-kota ini . . . .

Pembahasan Soal:

Pada sekitar tahun 547 SM, Persia melakukan invasi terhadap negara-kota di wilayah Ionia (wilayah Turki sekarang). Ionia kemudian berhasil dikuasai, kemudian Persia mengangkat penguasa bnek bernama Aristagoras. Merasa terancam dengan kehadiran Persia, negara-kota Athena dan Eritrea kemudian menyerang balik Persia pada sekitar tahun 499-492 SM. Perang inilah yang kemudian disebut sebagai Pertempuran Ionia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved