Roboguru

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Penduduk Kreta (Minoa) sudah mengenal tulisan yang disebut tulisan Minos. SEBAB Dari tulisan inilah dunia banyak mengetahui cikal bakal serta sejarah peradaban ini.

Pertanyaan

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut.

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Penduduk Kreta (Minoa) sudah mengenal tulisan yang disebut tulisan Minos.

SEBAB

Dari tulisan inilah dunia banyak mengetahui cikal bakal serta sejarah peradaban ini.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pembahasan Soal:

Pernyataan pertama benar karena penduduk di peradaban Kreta yang berkembang antara 3000-1450 SM sudah mengenal tulisan. Masyarakat pada peradaban ini sudah mengenal tulisan yang disebut dengan tulisan Minos.

Pernyataan kedua salah karena hingga saat ini tidak banyak ahli yang mampu memecahkan isi tulisan ini. Hal ini menyebabkan sejarah Kerajaan Kreta belum banyak terungkap.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peradaban Minoa dikatakan telah memasuki zaman sejarah, yaitu dengan dikenal dan digunakannya tulisan yang disebut . . . .

Pembahasan Soal:

Peradaban Kreta atau Minoa merupakan peradaban yang berkembang sebelum munculnya peradaban Yunani Kuno. Peradaban Minoa berkembang antara 3000-1450 SM. Peradaban Minoa dianggap telah memasuki masa sejarah karena peradaban tersebut telah mengembangkan tulisan minos. Hingga saat ini tidak banyak yang dapat diungkapkan dari sejarah Kerajaan Kreta karena belum ada yang mampu memecahkan isi tulisan ini.

0

Roboguru

Bukti kebudayaan Kreta sudah mengenal tulisan adalah...

Pembahasan Soal:

Peradaban di Pulau Kreta meninggalkan manuskrip-manuskrip yang di dalamnya terdapat tulisan piktograf dibuktikan dengan penemuan tiga manuskrip yang sebagian besar telah dibaca dan diterjemah kan oleh Michael Ventris pada tahun 1953. 

0

Roboguru

Homerus menulis karya sastra yang menggambarkan keindahan Pulau Kreta SEBAB sistem penulisan yang digunakan pada peradaban Pulau Kreta adalah Piktograf

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Pada masa Yunani Kuno terdapat tulisan dari seorang sasterawan yang bernama Humerus yang menceritakan bahwa Pulau Kreta digambarkan sebagai sebuah kerajaan yang terdiri dari sembilan puluh kota yang hidup makmur. Masyarakat pada peradaban Pulau Kreta sudah melakukan aktivitas  perdagangan dengan berbagai negara seperti Syria, Mesir dan kawasan Asia Kecil.

Alasan benar. selain aktivitas berdagang masyarakat pada peradaban Minoa juga telah mengenal tulisan yang kemudian dikenal dengan tulisan Piktograf atau huruf gambar

Berdasarkan pembahasan di atas, pernyataan benar, alasan benar namun keduanya tidak memiliki hubungan sebab-akibat maka jawabannya adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara peradaban awal di Afrika, Eropa dan Amerika?

Pembahasan Soal:

Para ahli sering mengemukakan bahwa perbedaan yang mencolok di antara peradaban awal di Afrika, Eropa dan Amerika tersebut terletak pada peninggalan-peninggalan tertulis. Bangsa Yunani, Romawi bahkan Mesir banyak meninggalkan karya-karya sastra kepada kita, sedangkan bangsa Inka, Maya, Aztek dan tidak meninggalkan satu pun karya sastra kepada kita. Mesir adalah perdaban yang paling mengalami kemajuan dalam bidang seni tulisan, khususnya pengenalan terhadap alfabet Literatur tertua tercantum pada teks-teks piramida yang disebut dengan teks tertua tentang pemikiran manusia. Di samping itu tidak ditemukan peninggalan-peninggalan tertulis yang menggambarkan tentang sistem dan bentuk pemerintahan dari raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Inka, Maya, dan Aztek. Dan para ahli biasanya menggambarkan keadaan masyarakat bangsa-bangsa itu melalui penafsiran pada peninggalan-peninggalan dari bangsa tersebut.
Secara jelas dapat dikemukakan beberapa perbedaan, diantaranya:

  1. Dalam pelaksanaan upacara, pada bangsa Indian terutama suku bangsa Aztek dilakukan dengan kurban manusia, sedangkan pada bangsa lainnya tidak.
  2. Dalam pemerintahan, bangsa Yunani dan Romawi bersifat lebih demokratis, sedangkan pada bangsa-bangsa Inka, Maya, Aztek dan Mesir kuno bersifat absulot.
  3. Seni patung, pada bangsa Yunani, Romawi dan Mesir kuno sangat indah dan halus buatannya dari pada bangsa-bangsa Inka, Maya, dan Aztek. Bahkan bukan hanya perihal seni patung di Mesir 
  4. Dalam perekonomian, bangsa Yunani dan Romawi mengenal sistem perdagangan dan pelayaran, sedang bangsa Indian masih memakai system barter dan untuk Mesir  Kuno itu terkenal dengan pertaniannya karena wilayahny yang subur. 


Dengan demikian, perbedaan dari peradaban di tiga benua tersebut ada pada aspek bahasa dan tulisan, pemerintahan, perekonomian, kepercayaan,dan kesenian.
 

0

Roboguru

Sejarah Yunani Kuno yang dikenal sebagai Bapak Sejarah adalah...

Pembahasan Soal:

Herodotus adalah seorang filsuf Yunani yang juga dijuluki sebagai bapak sejarah dunia. Herodotus adalah sejarawan pertama yang diketahui mengumpulkan bahan-bahannya secara sistematis, menguji akurasinya sampai batas tertentu, dan menyusunnya dalam bentuk narasi yang terstruktur. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved