Roboguru

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Peradaban Mesopotamia juga dikenal sebagai perintis lahirnya sistem hukum di dunia. SEBAB Sistem hukum Yunani dan Romawi baru muncul pada abad-abad kemudian.

Pertanyaan

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut.

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Peradaban Mesopotamia juga dikenal sebagai perintis lahirnya sistem hukum di dunia.

SEBAB

Sistem hukum Yunani dan Romawi baru muncul pada abad-abad kemudian.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pembahasan Soal:

Pernyataan pertama benar karena peradaban Mesopotamia sudah mampu menciptakan landasan hukum untuk mengatur kehidupan masyarakatnya. Landasan hukum ini dikenal dengan nama Codex Hammurabi. Landasan hukum ini dipahatkan pada sebuah lempengan batu dan memuat 282 aturan hukum.

Pernyataan kedua benar karena sistem hukum Yunani dan Romawi baru muncul beradabad-abad kemudian. Hal ini juga dapat diketahui dari peradaban Yunani dan Romawi yang muncul setelah peradaban Mesopotamia berkembang.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu peninggalan peradaban Mesopotamia dalam bidang ilmu pengetahuan adalah ….

Pembahasan Soal:

Peninggalan peradaban Mesopotamia dalam segi ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut ;undefined 

  1. menggunakan sistem bilangan seksagesimal untuk mengukur waktuundefined 
  2. empat operasi bilangan matematikaundefined 
  3. menciptakan persamaan kuadrat, persamaan kubik di atas lempeng tanah liatundefined 
  4. menciptakan sistem geometriundefined 
  5. menggunakan sistem kalender kamariah atau matahariundefined 

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah Eundefined 

0

Roboguru

Tuliskan lima kebudayaan Mesopotamia yang hingga saat ini menjadi dasar atau acuan bagi perkembangan kebudayaan dunia!

Pembahasan Soal:

Peradaban Mesopotamia merupakan peradaban yang terletak diantara lembah sungai Eufrat dan lembah sungai Tigris. Hal tersebut mengakibatkan tanh di Mesopotamia menjadi subur serta banyak dihuni oleh bangsa-bangsa di sekitar daerah tersebut. Bangsa pertama yang menduduki Mesopotamia adalah bangsa Sumeria. Namun seiring berjalannya waktu, terjadi pergantian kekuasaan di daerah Mesopotamia yang melibatkan banyak bangsa. Peradaban Mesopotamia menghasilkan beberapa peninggalan yang berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan dunia, diantaranya adalah sistem irigasi, pengenalan abjad, tradisi kesusasteraan, sistem penanggalan/kalender, sistem perhitungan waktu (jam, menit, detik).

Dengan demikian, hasil peninggalan peradaban Mesopotamia yang berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan adalah sistem irigasi hingga sistem perhitungan waktu.

1

Roboguru

Apakah bukti bahwasanya bangsa Babilonia telah mengetahui konsep ilmu pengetahuan?

Pembahasan Soal:

Bangsa Babilonia merupakan bangsa yang pernah mendiami wilayah Mesopotamia. Kekuasaan Babilonia di Mesopotamia terbagi menjadi dua periode, yakni Babilonia Lama sekitar 1850 SM dan Babilonia Baru pada tahun 612 SM. Raja terbesar Babilonia Lama adalah Raja Hammurabi, sedangkan raja terbesar Babilonia Baru adalah Nebukadnezar II. Pada periode Babilonia, masyarakat telah memiliki peradaban serta ilmu pengetahuan yang maju. Hal tersebut ditandai dengan arsitektur bangunan yang megah (Taman Gantung Babilonia dan Menara Babel), sistem hukum Codex Hammurabi, serta sistem astronomi.

Dengan demikian, kemajuan ilmu pengetahuan Babilonia ditunjukan dengan arsitektur bangunan yang megah, sistem hukum Codex Hammurabi, serta sistem astronomi.

0

Roboguru

Adakah pengaruh dari Peradaban Mesopotamia terhadap kehidupan kalian saat ini ? jelaskan!

Pembahasan Soal:

Peradaban berasal dari bahasa latin, yaitu civitas yang artinya “kota”. Istilah bahasa Inggrisnya, yaitu “civilization”. Sedangkan istilah Mesopotamia berasal dari kata Yunani “meses” yang berarti “antara” dan “potami” yang berarti “sungai”. Mesopotamia menunjuk suatu kawasan di antara dua sungai besar yaitu sungai Eufrat dan sungai Tigris, dimana kedua sungai tersebut bermuara di Teluk Persia. Terletak di Benua Asia lebih di wilayah timur tengah dan wilayah sekarang dari peradaban Mesopotamia adalah Irak. Sebagian besar wilayah di sekitar Mesopotamia berupa gurun pasir, seperti Gurun Nafud dan Hamad. Adanya Sungai Eufrat dan Sungai Tigris merupakan berkah bagi Mesopotamia. Saat musim hujan, Sungai Eufrat dan Sungai Tigris sering menimbulkan banjir dan lumpur yang diluapkan kedua sungai tersebut yang menyebabkan tanah di Mesopotamia menjadi subur. Bangsa Sumeria adalah bangsa yang merintis peradaban Mesopotamia dan meripakan penduduk asli daerah Mesopotamia. Walaupun peradaban Mesopotamia sudah runtuh ribuan tahun lalu, pengaruh peradaban Mesopotamia masih dapat dirasakan hingga saat itu. Berikut pengaruh Peradaban Mesopotamia yang masih berpengaruh di dunia hingga saat ini adalah diantara lainnya adalah.

  1. Sistem kalender atau penanggalan berdasarkan peredaran bulan. Dengan dasar  penanggalan tersebut bangsa Sumeria dapat membagi waktu dalam setahun menjadi 12 bulan dan 1 bulan terdiri dari 30 hari.
  2. Berhasil mengembangkan sistem operasi matematika (tambah, kurang, kali dan bagi).
  3. Sudah mengetahui cara menghitung peredaran matahari, bulan, dan planet-planet lainnya, serta memprediksi waktu terjadinya gerhana bulan dan gerahana matahari.
  4. Sistem penulisan praktis yang mengantarkan manusia memasuki zaman sejarah.
  5. Perhitungan seksagesimal yang menjadi dasar hitungan per enam puluhan. Atau dasar hitungan tersebut bangsa Sumeria dapat membagi waktu menjadi 60 detik, 60 menit, 24 jam, dan 12 bulan.
  6. Teknologi roda yang menjadi dasar pengembangan peralatan mekanik, seperti katrol, gerobak, kereta kuda, lokomotif, dan mobil.
  7. Codex hukum atau undang-undang tertulis yang dapat memberi jaminan keadilan bagi masyarakat.

 
Berdasarkan penjelasan di atas maka pengaruhnya yang masih ada sampai saat ini adalah sistem kalender, Codex hukum atau undang-undang tertulis, mengembangkan sistem operasi matematika, Teknologi roda yang menjadi dasar pengembangan peralatan mekanik dan perhitungan seksagesimal yang menjadi dasar hitungan per enam puluhan.

 

0

Roboguru

Siapa penemu roda?

Pembahasan Soal:

Roda merupakan sebuah dasar dari teknologi yang menunjang kemajuan peradaban umat manusia. Roda pertama kali di digunakan oleh bangsa Sumeria sekitar 3500 tahun sebelum Masehi. Buktinya terdapat di kuil peninggalan bangsa Sumeria. Di dinding kuil itu ada relief yang menggambarkan orang sedang naik kereta beroda.

Dengan demikian, Roda ditemukan oleh bangsa Sumeria yang tinggal di Mesopotamia.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved