Roboguru

Bacalah puisi yang berjudul “Dalam Gelombang” ini dan pahami isinya! Dalam Gelombang Alun bergulung naik meninggi, Turun melembah jauh ke bawah, Lidah ombak menyerak buih, Surut kembali di air gemuruh. Kami mengalun di samudra-Mu, Bersorak gembira tinggi membukit, Sedih mengaduh jatuh ke bawah, Silih berganti tiada berhenti. Di dalam suka di dalam duka, Waktu bah'gia waktu merana, Masa tertawa masa kecewa, Karni berbuai dalam nafasmu, Tiada kuasa tiada berdaya, Turun naik dalam 'rama-Mu. St. Takdir Alisjahbana (1984:4) Siapa yang dimaksud dengan kata Mu dalam kami mengalun di samudraMu?

Pertanyaan

Bacalah puisi yang berjudul “Dalam Gelombang” ini dan pahami isinya!


Dalam Gelombang


Alun bergulung naik meninggi,

Turun melembah jauh ke bawah,

Lidah ombak menyerak buih,

Surut kembali di air gemuruh.


Kami mengalun di samudra-Mu,

Bersorak gembira tinggi membukit,

Sedih mengaduh jatuh ke bawah,

Silih berganti tiada berhenti.


Di dalam suka di dalam duka,

Waktu bah'gia waktu merana,

Masa tertawa masa kecewa,

Karni berbuai dalam nafasmu,

Tiada kuasa tiada berdaya,

Turun naik dalam 'rama-Mu.

St. Takdir Alisjahbana (1984:4)


Siapa yang dimaksud dengan kata Mu dalam kami mengalun di samudraMu? 

  1. ... 

  2. ... 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada kata samudraMu terdapat bentuk -mu. Bentuk –mu yang berarti kamu sebagai penunjuk pemilik dari kata yang diserangkaikan. Seperti pada kata bukumu yang berarti buku milik kamu. -Mu pada samudraMu bermakna samudra milik kamu. Namun huruf M ditulis kapital karena yang dimaksud pemilik samudra adalah Tuhan. Antara kata samudra yang diserangkaikan dengan -Mu dan huruf M ditulis dengan kapital diperlukan tanda hubung (-).

Jadi jawaban soal di atas, –Mu merujuk  pada Tuhan yang memiliki samudra. 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Trihandayani

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan amanat yang terkandung dalam puisi di atas!

Pembahasan Soal:

Puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Adapun salah satu struktur batin puisi adalah amanat/tujuan/maksud (intention), yaitu pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. Puisi tersebut mengisahkan tentang seseorang yang selalu mengingat Tuhan dengan cara beribadah, sebagaimana dalam Agama Islam ibadah yang dimaksud adalah Sholat dengan cara rukuk dan sujud.

Dengan demikian, amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah selalu ingatlah Tuhan dan selalu beribadah tepat waktu.space 

0

Roboguru

Bacalah puisi yang berjudul “Dalam Gelombang” ini dan pahami isinya! Dalam Gelombang Alun bergulung naik meninggi, Turun melembah jauh ke bawah, Lidah ombak menyerak buih, Surut kembali di air ...

Pembahasan Soal:

Pada bait kedua  “Kami mengalun dalam samudraMu”. Samudra yang dimaksud adalah kehidupan yang sedang kita jalani. Selanjutnya terdapat bait

Bersorak gembira tinggi membukit,
Sedih mengaduh jatuh ke bawah,
Silih berganti tiada berhenti.

Menggambarkan turun naiknya kehidupan. Terkadang kita bersorak gembira dan kadang kita bersedih dan mengeluh. Keadaan tersebut akan terus berganti seiring berjalannya kehidupan.
Hal ini dipertegas dengan bait berikutnya yang menggambarkan kehidupan yang selalu berubah kadang naik dan kadang turun.

Di dalam suka di dalam duka,
Waktu bah'gia waktu merana,

Jadi jawaban pada soal ini, puisi Dalam Gelombang menggambarkan kehidupan yang dijalani oleh manusia mengalami perubahan naik turun. 

0

Roboguru

Judul pada puisi di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi diartikan sebagai:

  • Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
  • Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.
  • Sajak.

Judul adalah perincian atau penjabaran singkat dari topik suatu puisi. Judul lebih spesifik dibandingkan tema. Judul biasanya bersifat sebagai identitas atau cermin dari keseluruhan puisi.

Berdasarkan penjelasan di atas, puisi tersebut berjudul tentang "Awan". Hal ini dapat kita buktikan pada kalimat berikut:

  • Pada kalimat baris kesatu dan kedua yang berbunyi "Ku lihat kabut putih, Menggumpal indah di angkasa", menggambarkan sebuah benda berwarna putih menggumpal di langit, hal tersebut jelas bahwa benda itu adalah awan.
  • Pada kalimat kelima yang berbunyi "Oh awan, bentuk mu beraneka rupa" terdapat kata "awan".


Dengan demikian, judul pada puisi di atas adalah "Awan".space

0

Roboguru

Suasana dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut. Puisi tersebut menggambarkan keadaan hujan dengan suasana yang sunyi.

Dengan demikian, suasana dalam kutipan puisi tersebut adalah hening.space 

0

Roboguru

Tuliskan sikap penyair terhadap masalah yang diungkapkan!

Pembahasan Soal:

Puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Adapun salah satu struktur batin puisi adalah rasa (feeling), yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pada bait pertama, penyair, sebagai guru, mengungkapkan bahwa ia tidak mempunyai apa-apa selain buku-buku dan sedikit ilmu, dan pada bait kedua, penyair menuliskan rasa takutnya jika murid-muridnya datang di hari Minggu ke rumahnya akan menemukan barang-barang tua dan sederhana.

Dengan demikian, sikap penyair terhadap masalah yang diungkapkan adalah penyair tidak mempunyai apa-apa selain buku-buku dan sedikit ilmu, dan rasa takutnya jika murid-muridnya datang di hari Minggu ke rumahnya akan menemukan barang-barang tua dan sederhana.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved