Roboguru

Bacalah puisi berikut!  Paman-Paman Tani Utun  (Karya: Piek Ardijanto Soeprijadi)  1  parnan-paman tani utun  ingatlah  musim labuh sawah basah  duilah  cangkul luku garu sabit ya paman  habis kerja terus ngarit di galangan  esoknya nyebar bibit  ya ampun berasnya sangat sulit  Amanat dalam puisi tersebut adalah...

Pertanyaan

Bacalah puisi berikut!space 


Paman-Paman Tani Utunspace 
(Karya: Piek Ardijanto Soeprijadi)space 

1space 
parnan-paman tani utunspace 
ingatlahspace 
musim labuh sawah basahspace 
duilahspace 
cangkul luku garu sabit ya pamanspace 
habis kerja terus ngarit di galanganspace 
esoknya nyebar bibitspace 
ya ampun berasnya sangat sulitspace 

Amanat dalam puisi tersebut adalah...space 

  1. Kita harus mau bekerja keras untuk mendapatkan hasil melimpah.space 

  2. Bersyukurlah kepada Tuhan atas hasil bumi yang melimpah.space 

  3. Carilah pekerjaan lain karena hidup petani sangat menderita.space 

  4. Kita tetap bersyukur meskipun mendapat cobaan dari Tuhan.space 

  5. Kita harus menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran dan ketekunan.space 

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang puisi kepada pembaca puisi. Pada puisi "Paman-Paman Tani Utun" menceritakan tentang Paman tani yang "utun" (lugu dan rajin bekerja) itu bahagia sekali akan pekerjaannya, terutama jika panen tiba. Namun sayang, bahwa padi hasil panen itu tidak dibawa ke lumbung sendiri karena pak tani tersebut ada yang telah menjual padinya secara "ngijon", ada juga yang menggadaikan sawahnya. Sehingga amanat yang terdapat dalam puisi tersebut adalah bahwa kita harus mau bekerja keras untuk mendapatkan hasil melimpah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah kedua puisi berikut! Puisi I Puisi II         Di akhir suatu masa ini Teriring doa puji syukur pada IlIahi perkenankan kami mohon diri kepadamu Yang terc...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang terkandung dalam sebuah karya. Dalam puisi tersebut amanat ditampilkan melalui baris-baris yang terkandung di dalamnya. Amanat puisi pertama adalah berbaktilah kepada guru. Hal tersebut tercermin melalui baris Yang tercinta bapak dan ibu guruku // Dengan gemuruh haru // maaf kami mohonkan, // terima kasih kami ucapkan. Berbakti dapat berupa ungkapan terima kasih dan maaf tiada habisnya. Sementara itu, baris Serangkai wejang dan harapanmu //  di serentang waktu // Akan ku ukir di pualam kalbu mengartikan betapa berharganya nasihat dan bekal dari guru.

Di sisi lain, puisi kedua mengandung pesan untuk bersyukur kepada Tuhan. Hal tersebut tercermin melalui baris Tuhan, // bibirku yang gemetar // menyebut-Mu // ucapkan syukur // tiada habis-habisnya. Baris-baris tersebut sangat jelas untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Bacalah dua puisi berikut!   Puisi I Pengabdian kucurahkan Segenap perasaan kulapangkan Waktu kadang terasa capai Namun kukerjakan dengan ikhlas Ketulusan hatiku Tanpa pamrih selalu kuberikan ...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai- nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Amanat pada teks I adalah bekerjalah dengan ikhlas dan tulus! Kemudian teks II adalah berjuang untuk masa depan!  Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Puisi I Puisi II Engkau adalah teman sejati Kau dengar semua keluhanku Tentang sekolah, pekerjaan Engkau tak kan kulupakan Sahabat selalu setia Seperti mentar...

Pembahasan Soal:

Membandingkan isi dua buah teks bertujuan menemukan persamaan dan perbedaan dari kedua teks tersebut. Perbedaan yang ada di dalam kedua novel itu yakni:

Amanat Puisi I Amanat Puisi II
Jadilah temen sejati! Jadilah sahabat yang setia!

Dalam teks pertama terdapat kalimat Engkau adalah teman sejati (yang menandakan harapan akan adanya teman sejati); sedangkan dalam teks kedua terdapat kalimat sahabat selalu setia (yang menandakan harapan akan kehadiran sahabat yang setia).

0

Roboguru

Pesan pengarang dalam puisi disebut....

Pembahasan Soal:

Tema adalah gagasan pokok penyair lewat puisinya. Gagasan pokok inilah yang kemudian akan berkembang melalui penjelasan-penjelasan dan hubungan kata dalam puisi

Majas adalah bahasa kiasan yang dapat menghidupkan sebuah karya sastra dan menimbulkan konotasi tertentu

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.

Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi. Suasana dalam puisi tercipta dari nada atau pengungkapan sikap penyair.

Diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Apa amanat puisi di atas?

Pembahasan Soal:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Penulisan puisi dilakukan dengan bahasa yang cermat dan pilihan kata yang tepat, sehingga meningkatkan kesadaran orang akan pengalaman dan memberikan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan pemaknaan khusus.

Amanat dalam puisi merupakan pesan yang dapat diambil dari puisi tersebut.

Puisi di atas berisi tentang ungkapan yang ditulis sebagai doa atau aduan kepada Tuhan bahwa Tuhan selalu dekat dengan hambanya. Penulis menggunakan diksi Tuhan dan mengungkapkan perasaannya tentang kedekatan dirinya terhadap Tuhan. 

Dengan demikian, amanat puisi tersebut adalah pesan bahwa kita harus senantiasa mengingat Tuhan karena Tuhan akan selalu dekat dengan hambanya.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved