Roboguru

Bacalah kutipan teks editorial berikut!   Dalam tiga hari ke depan diprediksi masuknya aliran udara basah dari air Samudra Hindia sebelah barat Pulau Sumatra di sepanjang ekuator. Setelah itu, aliran udara basah masih berlanjut pada 10 hingga 15 Januari 2020 yang bergerak ke Kalimantan Selatan serta Sulawesi Selatan dan Tenggara. Situasi tersebut diperkirakan berulang lagi pada akhir Januari hingga awal dan pertengahan Februari 2020. Kondisi ini memicu peningkatan intensitas curah hujan menjadi lebih ekstrem yang ujungnya berpotensi hujan ekstrem di wilayah Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jambi Lampung, dan Jawa, tidak terkecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). (Disadur dari: https//nasional.sindonews.com/read/1489270/16/proyek-anti banjir-jangan-berhenti-1578353733, diunduh 11 Maret 2020)   Tentukan kata ganti penunjuk dalam kutipan teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks editorial berikut!
 

Dalam tiga hari ke depan diprediksi masuknya aliran udara basah dari air Samudra Hindia sebelah barat Pulau Sumatra di sepanjang ekuator. Setelah itu, aliran udara basah masih berlanjut pada 10 hingga 15 Januari 2020 yang bergerak ke Kalimantan Selatan serta Sulawesi Selatan dan Tenggara. Situasi tersebut diperkirakan berulang lagi pada akhir Januari hingga awal dan pertengahan Februari 2020. Kondisi ini memicu peningkatan intensitas curah hujan menjadi lebih ekstrem yang ujungnya berpotensi hujan ekstrem di wilayah Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jambi Lampung, dan Jawa, tidak terkecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

(Disadur dari: https//nasional.sindonews.com/read/1489270/16/proyek-anti banjir-jangan-berhenti-1578353733, diunduh 11 Maret 2020)

 

Tentukan kata ganti penunjuk dalam kutipan teks tersebut!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran berupa pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) aktual, fenomenal, dan kontroversial.

Salah satu ciri kebahasaan teks editorial adalah adanya kata penunjuk. Kata penunjuk adalah kata ini, itu, tersebut  yang merujuk pada waktu, tempat, peristiwa, atau masalah lain yang menjadi fokus ulasan. 

Kata ganti petunjuk dalam teks di atas adalah (ditandai dengan cetak tebal dan miring): 

Dalam tiga hari ke depan diprediksi masuknya aliran udara basah dari air Samudra Hindia sebelah barat Pulau Sumatra di sepanjang ekuator. Setelah itu, aliran udara basah masih berlanjut pada 10 hingga 15 Januari 2020 yang bergerak ke Kalimantan Selatan serta Sulawesi Selatan dan Tenggara. Situasi tersebut diperkirakan berulang lagi pada akhir Januari hingga awal dan pertengahan Februari 2020. Kondisi ini memicu peningkatan intensitas curah hujan menjadi lebih ekstrem yang ujungnya berpotensi hujan ekstrem di wilayah Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jambi Lampung, dan Jawa, tidak terkecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).undefined  

Dengan demikian kata penunjuk yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah

  • itu (kalimat ke-2)
  • tersebut (kalimat ke-3)
  • ini (kalimat ke-4)

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 14 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kata ganti penunjuk yang terdapat pada kalimat ketiga paragraf ketiga teks editorial merujuk pada ....

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut Gangguan kecemasan adalah kondisi psikologis ketika seseorang mengalami rasa cemas berlebihan. Bagi sebagian orang normal, rasa cemas biasanya timbul pada suatu ke- jadikan te...

0

Roboguru

Kata ganti penunjuk tempat terdapat pada kalimat ....

0

Roboguru

Kata itu yang bercetak miring dalam paragraf tersebut mengacu ...

0

Roboguru

Variasi kata karena dan seluruh pada paragraf pertama teks tersebut secara urut adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved