Roboguru
SD

Bacalah kutipan teks drama berikut! Bernard: Jangan takut! Ayahku baru ngasih jajan! Pesen apa saja sampai kalian semua kenyang! (tersenyum bangga) Yuan: Asyik! lni baru namanya sahabat! (langsung duduk merapat di samping Bernard) Bernard: Yoi, siapa dulu? ‘Kan gue kaya, broo! (senyum tambah Iebar) Anton: (ikut duduk di samping Bernard) Wow, mantep nih, bro. Kita makan-makan nih jadinya? Bernard: Yoi, bro. Pesen aja yang kamu mau. Aku yang traktir semuanya! (merogoh kantong untuk mengambil dompet, tapi mendadak pucat) Yuan: Kenapa, bro? Kok pucet? (menatap Bernard heran) Bernard: Dompetku ketinggalan. Celakaaa. (mencari-cari saku yang lain, tetapi tidak ketemu) Anton: Yah, gagal deh makan-makan. (langsung pergi) Yuan: Huh, enggak jadi sahabatan, deh. (ikut pergi) Bernard: Hey, tunggu, teman-teman! (memelas) Anton: Siapa yang temanmu? (terus pergi) (Naskah drama "Sahabat Gadungan" karya Haqi K.) Amanat yang tampak dalam drama tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks drama berikut!


Bernard: Jangan takut! Ayahku baru ngasih jajan! Pesen apa saja sampai kalian semua kenyang! (tersenyum bangga)

Yuan: Asyik! lni baru namanya sahabat! (langsung duduk merapat di samping Bernard)

Bernard: Yoi, siapa dulu? ‘Kan gue kaya, broo! (senyum tambah Iebar)

Anton: (ikut duduk di samping Bernard) Wow, mantep nih, bro. Kita makan-makan nih jadinya?

Bernard: Yoi, bro. Pesen aja yang kamu mau. Aku yang traktir semuanya! (merogoh kantong untuk mengambil dompet, tapi mendadak pucat)

Yuan: Kenapa, bro? Kok pucet? (menatap Bernard heran)

Bernard: Dompetku ketinggalan. Celakaaa. (mencari-cari saku yang lain, tetapi tidak ketemu)

Anton: Yah, gagal deh makan-makan. (langsung pergi)

Yuan: Huh, enggak jadi sahabatan, deh. (ikut pergi)

Bernard: Hey, tunggu, teman-teman! (memelas)

Anton: Siapa yang temanmu? (terus pergi)

(Naskah drama "Sahabat Gadungan" karya Haqi K.)


Amanat yang tampak dalam drama tersebut adalah ....undefined 

  1. persahabatan akan langgeng jika kedudukannya samaundefined 

  2. persahabatan seharusnya tidak melihat status sosial/ekonomiundefined 

  3. persahabatan dijalin berdasarkan kesamaan kedudukanundefined 

  4. persahabatan harus dilandasi kesamaan keimananundefined 

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Unsur amanat memuat nilai-nilai moral dan kemanusiaan, dalam berbagai jenis drama juga sering ditemukan banyak nilai kebajikan lain. Pilihan jawaban (a), (c), dan (d) tidak mencerminkan nilai kebaikan dalam menjaga persahabatan karena setiap manusia harus bisa menjalin persahabatan tanpa harus memiliki kedudukan yang sama.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

1rb+

4.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan teks drama berikut! Bernard: Jangan takut! Ayahku baru ngasih jajan! Pesen apa saja sampai kalian semua kenyang! (tersenyum bangga) Yuan: Asyik! lni baru namanya sahabat! (langsung ...

412

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia