Roboguru

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut ini!


    Nh. Dini dengan nama asli Nurhayati Srihardini merupakan penulis novel dan cerpen ternama Indonesia. Ia lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 29 Februari 1936. Ia anak bungsu dari lima bersaudar lahir dari ayah yang bernama Salyowijoyo (pegawai perusahaan kereta api) dan ibu yang bernama Kusaminah. Bakat menulisnya mulai terlihat saat berusia Sembilan tahun. Ketika itu, ia menulis cerpen yang berjudul Merdeka dan Merah Putih. Akibat tulisannya ini, ayahnya harus berurusan dengan Belanda karena tulisannya dianggap membahayakan. Dulu, Dini bercita-cita menjadi dokter hewan, tetapi tidak bisa diwujudkan karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Tanpa berkecil hati gagal menjadi dokter hewan, ia tetap melanjutkan sekolahnya dan menamatkan sekolah menengah jurusan sastra. Selain itu, ia juga mengikuti kursus B1 jurusan Sejarah (1957), belajar menari, dan memainkan gamelan. Ia pun mulai menekuni bakat menulisnya.

    Hasil karya Nh. Dini pertama kali dimuat pada tahun 1952 di majalah Budaya dan Gadjah Mada, majalah Mimbar, dan Lembar Kebudayaan Siasat. Pada tahun 1955, ia memenangkan dsayembara penulisan naskah sandiwara radio Festival Sandwara Radio di Jawa Tengah. Selain itu, ia bersama kakaknya mendirikan perkumpulan seni Kuncup Mekar yang melakukan aktivitas karawitan dan sandiwara. Selain fokus menulis, Dini pernah bekerja di RRI Semarang, lalu menjadi pramugari GIA (1957-1960).

    Sebagai pengarang, Nh. Dini termasuk pengarang yang kreatif dan aktif menulis puisi, cerpen, atau novel. Beberapa karya Nh. Dini adalah puisi Februari (1956), Surat kepada Kawan (1964), Dari Jendela (1966), Kotaku (1968),  Paris yang Kukenal (1971), kumpulan cerpen Dua Dunia (1956), Tuileries (1982), Segi dan Garis (1983), dan novel Pada Sebuah Kapal (1972), Sebuah Lorong di Kotaku (1978), Padang Ilalang di Belakang Rumah (1979), dan Kemayoran (2000). Sebagai bentuk apresiasi dari karya-karyanya, ia pernah memperoleh juara dua untuk cerpen Di Pondok Salju yang dimuat dalam majalah Sastra pada tahun 1963. Ia juga pernah menjadi juara lomba cerpen yang diadakan majalah Femina pada tahun 1980. Tambahan, ia berhasil meraih juara penulisan cerpen dalam bahasa Prancis yang diselenggarakan Le Monde dan Radio France Internasinale pada tahun 1987.space

Nilai yang dapat dipelajari dari sosok Nh. Dini adalah….space 

  1. meskipun gagal meraih cita-cita, ia berhasil mengembangkan bakatnya di bidang sastraspace 

  2. Nh. Dini adalah sosok penulis perempuan yang karyanya digandrungi oleh semua orangspace 

  3. karya Nh. Dini pernah dianggap berbahaya oleh pemerintah Belanda yang menjajah Indonesia pada masa ituspace 

  4. Nh. Dini berasal dari keluarga yang mengajarkan nilai-nilai perjuangan dengan cara sesederhana apapunspace 

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Nilai yang dapat dipelajari dari sosok Nh. Dini berdasarkan isi biografi terlihat dari paragraf 1 kalimat 8 – terakhir. Dari kalimat itu, dapat disimpulkan bahwa Nh. Dini yang bercita-cita menjadi dokter hewan harus bersabar dengan kenyataan bahwa keluarganya tidak bisa membiayai sekolahnya itu. Akan tetapi, ia tetap semangat mengikuti kursus lain, belajar menari dan bermain gamelan, serta menekuni bakatnya sedari usia 9 tahun, yaitu menulis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

20

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cuplikan teks tersebut mengandung pesan bahwa ....

76

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia