Roboguru

Bacalah kutipan proposal penelitian berikut!   Latar Belakang     Kelor merupakan salah satu tanaman yang multi guna. Hamper semua bagian dari tanaman kelor ini dijadikan sumber makanan karena mengandung senyawa aktif dan gizi lengkap. Daun kelor juga kaya akan vitamin A  dan C, khususnya betakaroten. Para ahli menganjurkan mengonsumsi betakaroten sebanyak 15.000-25.000 IU per hari (Astawan, 2004). Kandungan vitamin C dalam kelor setara dengan 6 buah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk flu dan demam. Begitu dahsyatnya khasiat daun kelor mengatasi aneka penyakit beberapa senyawa aktif dalam daun kelor yaitu arigin, leusin, dan metonin.     Bahan nugget dengan campuran daun kelor (moringa oleifera lamik) merupakan inovasi terbaru dalam pembuatan bahan makanan yang mampu menambah kualitas nugget yang dihasilkan, baik tekstur, rasa, aroma, dan gizi pada nugget tersebut. Daun kelor mengandung enzim  yang menyebabkan bau langu (tidak sedap; seperti bau tembakau yang tidak kering) dan rasanya agak pahit. Dengan diolah menjadi nugget, bau langu dan rasa pahit tersebut akan dihilangkan karena dalam proses pembuatan nugget terdapat perlakuan, seperti pencucian, pengukusan, penambahan bumbu dan penggorengan. Bahan baku nugget yang biasa digunakan adalah daging sapi dan daging ayam. Nugget ayam disukai karena rasanya yang lezat, tetapi tinggi lemak dan rendah serat. Oleh karena itu, dilakukan penggantian bahan baku nugget menggunakan  ikan tongkol.      Pengolahan nugget formulasi ikan tongkol (Euthynnus affinis C.) dan daun kelor merupakan alternatif yang baik dalam pemenuhan kebutuhan gizi dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dijadikan usaha yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan penambahan daun kelor (Moringa oleifera Lamk) dalam pembuatan nugget, diharapkan mampu menumbuhkan minat konsumen terutama anak-anak dan para konsumenn vegetarian. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa oleifera Lamk), sebagai bahan campuran Nugget ikan tongkol (Euthynnus affinis C)”. Rumusan Masalah           [. . .] Tujuan Penelitian          [. . .]   Berdasarkan latar belakang tersebut, tentukan tujuan penelitian yang tepat untuk melengkapi informasi dalam kutipan proposal tersebut !

Pertanyaan

Bacalah kutipan proposal penelitian berikut!


 

  1. Latar Belakang

    Kelor merupakan salah satu tanaman yang multi guna. Hamper semua bagian dari tanaman kelor ini dijadikan sumber makanan karena mengandung senyawa aktif dan gizi lengkap. Daun kelor juga kaya akan vitamin A  dan C, khususnya betakaroten. Para ahli menganjurkan mengonsumsi betakaroten sebanyak 15.000-25.000 IU per hari (Astawan, 2004). Kandungan vitamin C dalam kelor setara dengan 6 buah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk flu dan demam. Begitu dahsyatnya khasiat daun kelor mengatasi aneka penyakit beberapa senyawa aktif dalam daun kelor yaitu arigin, leusin, dan metonin.

    Bahan nugget dengan campuran daun kelor (moringa oleifera lamik) merupakan inovasi terbaru dalam pembuatan bahan makanan yang mampu menambah kualitas nugget yang dihasilkan, baik tekstur, rasa, aroma, dan gizi pada nugget tersebut. Daun kelor mengandung enzim  yang menyebabkan bau langu (tidak sedap; seperti bau tembakau yang tidak kering) dan rasanya agak pahit. Dengan diolah menjadi nugget, bau langu dan rasa pahit tersebut akan dihilangkan karena dalam proses pembuatan nugget terdapat perlakuan, seperti pencucian, pengukusan, penambahan bumbu dan penggorengan. Bahan baku nugget yang biasa digunakan adalah daging sapi dan daging ayam. Nugget ayam disukai karena rasanya yang lezat, tetapi tinggi lemak dan rendah serat. Oleh karena itu, dilakukan penggantian bahan baku nugget menggunakan  ikan tongkol. 

    Pengolahan nugget formulasi ikan tongkol (Euthynnus affinis C.) dan daun kelor merupakan alternatif yang baik dalam pemenuhan kebutuhan gizi dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dijadikan usaha yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan penambahan daun kelor (Moringa oleifera Lamk) dalam pembuatan nugget, diharapkan mampu menumbuhkan minat konsumen terutama anak-anak dan para konsumenn vegetarian. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa oleifera Lamk), sebagai bahan campuran Nugget ikan tongkol (Euthynnus affinis C)”.

  1. Rumusan Masalah

          [. . .]

  1. Tujuan Penelitian

         [. . .]


 

Berdasarkan latar belakang tersebut, tentukan tujuan penelitian yang tepat untuk melengkapi informasi dalam kutipan proposal tersebut !

Pembahasan:

Tujuan penelitian adalah rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu yang akan diperoleh setelah penelitian selesai, sesuatu yang akan dicapai atau ditangani dalam suatu penelitian. Kata-kata dari tujuan penelitian mengungkapkan keinginan peneliti untuk mendapatkan jawaban atas masalah penelitian yang diajukan.

Dengan demikian, tujuan penelitian dari kutipan proposal tersebut adalah penulis dapat menghasilkan produk nugget yang kaya akan vitamin A dan C dan tinggi akan serat.space

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Adma

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 02 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Kalimat latar belakang yang tepat sesuai dengan topik tersebut adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved