Roboguru

Bacalah kutipan proposal penelitian berikut!   ...

Bacalah kutipan proposal penelitian berikut!


 

  1. Latar Belakang

    Kelor merupakan salah satu tanaman yang multi guna. Hamper semua bagian dari tanaman kelor ini dijadikan sumber makanan karena mengandung senyawa aktif dan gizi lengkap. Daun kelor juga kaya akan vitamin A  dan C, khususnya betakaroten. Para ahli menganjurkan mengonsumsi betakaroten sebanyak 15.000-25.000 IU per hari (Astawan, 2004). Kandungan vitamin C dalam kelor setara dengan 6 buah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk flu dan demam. Begitu dahsyatnya khasiat daun kelor mengatasi aneka penyakit beberapa senyawa aktif dalam daun kelor yaitu arigin, leusin, dan metonin.

    Bahan nugget dengan campuran daun kelor (moringa oleifera lamik) merupakan inovasi terbaru dalam pembuatan bahan makanan yang mampu menambah kualitas nugget yang dihasilkan, baik tekstur, rasa, aroma, dan gizi pada nugget tersebut. Daun kelor mengandung enzim  yang menyebabkan bau langu (tidak sedap; seperti bau tembakau yang tidak kering) dan rasanya agak pahit. Dengan diolah menjadi nugget, bau langu dan rasa pahit tersebut akan dihilangkan karena dalam proses pembuatan nugget terdapat perlakuan, seperti pencucian, pengukusan, penambahan bumbu dan penggorengan. Bahan baku nugget yang biasa digunakan adalah daging sapi dan daging ayam. Nugget ayam disukai karena rasanya yang lezat, tetapi tinggi lemak dan rendah serat. Oleh karena itu, dilakukan penggantian bahan baku nugget menggunakan  ikan tongkol. 

    Pengolahan nugget formulasi ikan tongkol (Euthynnus affinis C.) dan daun kelor merupakan alternatif yang baik dalam pemenuhan kebutuhan gizi dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dijadikan usaha yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan penambahan daun kelor (Moringa oleifera Lamk) dalam pembuatan nugget, diharapkan mampu menumbuhkan minat konsumen terutama anak-anak dan para konsumenn vegetarian. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa oleifera Lamk), sebagai bahan campuran Nugget ikan tongkol (Euthynnus affinis C)”.

  1. Rumusan Masalah

          [. . .]

  1. Tujuan Penelitian

         [. . .]


 

Berdasarkan latar belakang tersebut, tentukan rumusan masalah yang tepat untuk melengkapi informasi dalam kutipan proposal tersebut!

Jawaban:

Rumusan masalah merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada dalam sebuah laporan penelitian. Rumusan masalah mampu mendasari semua pembahasan penelitian. Dengan adanya rumusan masalah penulis dapat dengan mudah membahas hasil penelitiannya secara sistematis. Ibaratnya rumusan masalah adalah papan petunjuk, yang mampu mengarahkan seseorang kepada tujuan akhirnya. Semua permasalahan yang kita ajukan dalam rumusan masalah mampu menjadi batasan pembahasan bagi penulis. Yang mana hal tersebut bertujuan agar pembahasan tidak keluar dari topik yang berkaitan.

Dengan demikian, rumusan masalah yang didapat dari kutipan proposal tersebut adalah :

  1. Apa saja kandungan daun kelor?
  2. Mengapa ikan tongkol yang menjadi pengganti ayam untuk bahan baku dari nugget?
  3. Bagaimana proses pembuatan nugget?
  4. Berapa lama proses pembuatan nugget?

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved