Bacalah kutipan proposal berikut!    Perubahan yang terjadi pada era globalisasi seperti saat ini sangat signifikan. Perubahan terjadi di berbagai macam sektor kehidupan khususnya bidang teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita lihat pada kemunculan banyak situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial sebagai sarana komunikasi baru saat ini sering digunakan oleh remaja lndonesia untuk menjalin hubungan pertemanan di dunia maya. Beberapa remaja sering menggunakan media ini untuk aktivitas sehari-hari. Peristiwa ini yang akan memengaruhi waktu belajar peserta didik. Permasalahan ini mungkin akan menimbulkan permasalahan yaitu menurunnya prestasi belajar peserta didik. Olah karena itu, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah yang berjudul "Pengaruh Jejaring Sosial terhadap Sifat lndividualisme Remaja".   Kutipan proposal tersebut termasuk ke dalam bagian…​

Pertanyaan

Bacalah kutipan proposal berikut! 


 

Perubahan yang terjadi pada era globalisasi seperti saat ini sangat signifikan. Perubahan terjadi di berbagai macam sektor kehidupan khususnya bidang teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita lihat pada kemunculan banyak situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial sebagai sarana komunikasi baru saat ini sering digunakan oleh remaja lndonesia untuk menjalin hubungan pertemanan di dunia maya. Beberapa remaja sering menggunakan media ini untuk aktivitas sehari-hari. Peristiwa ini yang akan memengaruhi waktu belajar peserta didik. Permasalahan ini mungkin akan menimbulkan permasalahan yaitu menurunnya prestasi belajar peserta didik. Olah karena itu, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah yang berjudul "Pengaruh Jejaring Sosial terhadap Sifat lndividualisme Remaja".


 

Kutipan proposal tersebut termasuk ke dalam bagian…undefined 

  1. Latar belakangundefined 

  2. Rumusan masalahundefined 

  3. Tujuan proposalundefined 

  4. Metode penelitianundefined 

  5. Tinjauan pustakaundefined 

A. Salim

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah A. 

Pembahasan

Bagian-bagian proposal, yaitu:

  1. Latar Belakang Masalah
    Latar belakang masalah berisi mengenai permasalahan yang ditemukan di lapangan dan kesenjangan antara kenyataan atau realita dengan teori. Penulis juga menjelaskan alasan dan dasar pemilihan topik.
  2. Rumusan Masalah
    Rumusan masalah berisi mengenai permasalahan-permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian dan ditulis dalam bentuk kalimat pertanyaan. Pertanyaan ini akan dijelaskan jawabannya pada bagian pembahasan.
  3. Tujuan Penelitian
    Tujuan penelitian berisi tentang kalimat-kalimat pernyataan yang mengacu pada pertanyaan rumusan masalah. 
  4. Hipotesis
    Hipotesis adalah pernyataan sesuatu yang dianggap benar untuk pengutaraan pendapat dan kebenarannya masih perlu dibuktikan dalam penelitian.
  5. Manfaat Penelitian
    Sebuah penelitian tentu memiliki manfaat bagi banyak orang. Pada bagian ini tertulis manfaat-manfaat apa yang diperoleh oleh kalangan tertentu maupun masyarakat pada umumnya.
  6. Landasan Teori, pada bagian ini, penulis menjelaskan mengenai teori-teori yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas dari para ahli dan juga dari sumber-sumber yang dapat dipercaya kebenaran teorinya.
  7. Metode Penelitian, pada bagian ini menjelaskan mengenai cara atau sistem yang digunakan pada penelitian agar terbukti atau teruji dengan benar penelitian yang diteliti.
  8. Hasil Penelitian dan Analisis, pada bagian ini berisi mengenai hasil penelitian dan analisis temuan-temuan dalam penelitian. Pada bagian ini, penulis akan menganalisis hasil penelitian yang sesuai dengan teori ataupun yang bertolak belakang dengan teori.
  9. Penutup, bagian ini terdiri dari saran dan kesimpulan.Saran merupakan pendapat penulis untuk kesempurnaan penulisan karya tulis lebih lanjut dan juga dapat merupakan masukan mengenai hasil temuan penelitian.

Berdasarkan penjelasan tersebut, cuplikan teks proposal di atas termasuk dalam bagian latar belakang karena berisi permasalahan yang ditemukan di lapangan.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A. 

1rb+

4.3 (6 rating)

Pertanyaan serupa

Sistematika proposal kegiatan yang benar adalah ....

14rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia